BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Bradley Smith Sinyalir Tetap Jadi Test Rider Aprilia, Lorenzo Savadori Bisa Turun di MotoGP 2021

18-02-2021 13:20 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Aprilia Racing Team Gresini, Bradley Smith (c) Aprilia Racing Pembalap Aprilia Racing Team Gresini, Bradley Smith (c) Aprilia Racing

Bola.net - Bradley Smith akhirnya angkat bicara soal nasibnya bersama Aprilia Racing di MotoGP 2021 usai jadi pusat perhatian karena mengunggah foto-foto motor Yamaha YZF-R3 di Instagram. Kepada Bike Sport News, Rabu (17/2/2021), Smith menyatakan dirinya masih ada dalam lingkup Aprilia dan tak hengkang dari pabrikan tersebut.

Aprilia sampai saat ini belum menentukan siapa rider yang akan jadi tandem Aleix Espargaro, dan hanya menyatakan bahwa kedua test rider mereka, yakni Smith dan Lorenzo Savadori merupakan kandidatnya. Aprilia juga menyatakan bahwa mereka akan memilih salah satu setelah uji coba pramusim selesai digelar di Qatar.

Namun, unggahan Smith di Instagram memicu rumor ia telah menolak tawaran Aprilia untuk bertahan, baik sebagai test rider maupun pembalap reguler. Meski begitu, pembalap Inggris ini membantahnya, dan menegaskan diskusi masih berlanjut. Hanya saja, Aprilia masih galau memilih siapa yang harus di pilih antara Smith dan Savadori.

1 dari 3 halaman

Belum Siap Pensiun dari Jabatan Test Rider

Bradley Smith (c) One Energy Racing Bradley Smith (c) One Energy Racing

"Pembicaraan kami masih berlanjut. Aprilia harus putuskan apa yang terbaik untuk proyek mereka dalam jangka pendek dan panjang. Saya juga harus putuskan apa yang terbaik untuk karier saya sendiri. Saya sudah tegaskan bahwa saya adalah pembalap dan saya mau tempat resmi. Saya belum siap pensiun dari kehidupan uji coba," ujarnya.

Smith sudah jadi test rider Aprilia sejak 2019. Selama 11 balapan di MotoGP 2020, ia aktif balapan menggantikan Andrea Iannone yang tersandung kasus doping. Namun, pada tiga seri terakhir, Smith digantikan oleh Savadori. Aprilia berdalih keputusan itu dilakukan sebagai hadiah bagi Savadori yang menjuarai CIV Superbike.

Smith, yang merupakan runner up GP125 2009 dan aktif balapan di MotoGP pada 2013-2018, menyatakan bahwa Aprilia sadar betul bahwa dirinya lebih berpengalaman dari Savadori, namun mereka masih bingung kemampuannya ini lebih baik dimanfaatkan sebagai pembalap reguler atau tetap sebagai test rider.

2 dari 3 halaman

Pembalap Reguler atau Test Rider?

Test rider Aprilia Racing, Lorenzo Savadori (c) Aprilia Racing Test rider Aprilia Racing, Lorenzo Savadori (c) Aprilia Racing

"Idealnya, tubuh saya harus 'digandakan', karena jika saya jadi pembalap dan test rider sekaligus, itu bakal jadi skenario terbaik. Namun, itu jelas mustahil. Jadi, bagi Aprilia, tampaknya lebih baik saya yang mengembangkan motor dan menjalani balapan wildcard, karena kami bisa mendapatkan progres," ungkap Smith.

"Sementara itu, jika Sava jadi test rider, kami takkan bisa ke mana-mana. Atas alasan itulah, Massimo Rivola (CEO Aprilia Racing) bilang bahwa keputusan untuk rider kedua tidaklah semata-mata tergantung pada catatan waktu dalam uji coba, karena mereka memang sudah tahu saya lebih cepat dari Sava," pungkasnya.

Smith juga menyatakan motor YZF-R3 yang ia unggah adalah bagian dari proyek barunya bersama sang sahabat yang juga eks rider MotoGP, Claudio Corti. Keduanya bertekad membentuk tim dalam ESBK 300 dan WorldSSP300 dengan motor Yamaha demi membantu rider-rider muda Inggris.

Sumber: Bike Sport News

3 dari 3 halaman

Video: Kebakaran Besar di Sirkuit MotoGP Argentina

KOMENTAR