BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Brad Binder 'Takut' Langsung Menangi MotoGP di Balapan Ketiga

10-08-2020 14:52 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Red Bull KTM Factory Racing, Brad Binder (c) KTM/Polarity Photo Pembalap Red Bull KTM Factory Racing, Brad Binder (c) KTM/Polarity Photo

Bola.net - Memenangi balapan MotoGP, yakni di Automotodrom Brno, Ceko, Minggu (9/8/2020), adalah impian lama Brad Binder yang akhirnya jadi nyata. Meski begitu, debutan Red Bull KTM Factory Racing ini syok sekaligus 'ngeri' bisa mewujudkannya hanya pada balapan ketiganya di kelas tertinggi.

Meski tak mencolok pada empat uji coba, performa Binder di MotoGP memang sangat dinanti. Pada dua balapan di Jerez, Binder juga terbukti cepat, namun melakukan berbagai kesalahan hingga hanya bisa finis ke-13 dan gagal finis dalam dua pekan balap tersebut.

Menuju Brno, Binder pun mengusung mentalitas berbeda. Kesalahan-kesalahannya di Jerez membuatnya belajar tenang, dan fokus memanfaatkan RC16 yang sejak awal ia rasa punya performa kuat dan menjanjikan untuk bertarung di papan atas, meski KTM tadinya berstatus 'underdog'.

1 dari 3 halaman

Sulit Percaya Kalau Menang

Pembalap Red Bull KTM Factory Racing, Brad Binder (c) AP Photo Pembalap Red Bull KTM Factory Racing, Brad Binder (c) AP Photo

"Ini adalah hari paling menakjubkan dalam hidup saya sejauh ini. Ini adalah hari yang saya impian sejak masih anak-anak. Tapi, ya ampun, mewujudkannya pada balapan ketiga saya sungguhlah menakutkan. Jujur saja, saya tak bisa memercayainya," ujar Binder via Motorsport.com.

Start dari posisi ketujuh, rider Afrika Selatan ini naik ke posisi 5 pada lap pertama, dan langsung naik ke posisi 3 pada lap berikutnya usai menyalip Pol dan Aleix Espargaro. Dengan sabar, ia berusaha mempersempit margin dari Fabio Quartararo, dan akhirnya menyalip pada Lap 9.

Rider 25 tahun ini pun perlahan tapi pasti mendekati Franco Morbidelli, yang sempat memimpin balapan dengan keunggulan satu detik. Pada Lap 13, ia pun akhirnya menyalip, dan langsung mencetak margin yang cukup besar dan melenggang ke garis finis sebagai pemenang.

2 dari 3 halaman

Sejak Awal Cocok dengan RC16

"Ini semua dimulai dari hari pertama Red Bull Rookies Cup, dan sejak itu saya bekerja keras secara konsisten demi berada di sini. Anda tahu bahwa saya melewati semua kelas bersama Red Bull KTM. Kini kami ada di puncak dan kami akhirnya bisa menang di MotoGP," kisah Binder.

"Motor ini sungguh gila. Sejak pertama mengendarainya, saya bilang benda ini tak buruk. Tentu ada beberapa trek di mana kami lebih kesulitan dibanding rival, tapi kami sangat kuat dan punya keuntungan besar. Bisa membayar kerja keras hari ini sungguhlah gila. Saya tak sabar dapat kemenangan lebih banyak," pungkasnya.

Dua balapan berikutnya akan digelar di kandang KTM, Sirkuit Red Bull Ring, yakni MotoGP Austria pada 14-16 Agustus dan MotoGP Styria pada 21-23 Agustus. Binder dan pasukan KTM lainnya pun diharapkan bisa tampil kompetitif di trek yang sejak 2016 dikuasai Ducati ini.

3 dari 3 halaman

Video: 5 Pebalap Hebat WorldSBK yang Tak Sukses di MotoGP

KOMENTAR