'Brad Binder-Miguel Oliveira, Dream Team dari Produk Murni KTM'

Anindhya Danartikanya | 7 Januari 2021, 15:10
Brad Binder dan Miguel Oliveira (c) KTM/Polarity Photo
Brad Binder dan Miguel Oliveira (c) KTM/Polarity Photo

Bola.net - Bos KTM Tech 3 Factory Racing, Herve Poncharal, meyakini bahwa Red Bull KTM Factory Racing bakal tampil bombastis di MotoGP 2021 bersama duet rider muda mereka, Brad Binder dan Miguel Oliveira. Poncharal yakin, menaungi kedua rider ini sebagai tandem merupakan sebuah kebanggaan yang sangat spesial bagi KTM.

Tahun 2021 takkan jadi momen perdana Binder dan Oliveira bertandem. Mereka pernah jadi rekan setim saat sama-sama membela Red Bull KTM Ajo di Moto3 2015, dan kemudian di Moto2 dengan tim yang sama pada 2017 dan 2018. Mereka nyaris bertandem lagi pada 2020 di bawah bendera Tech 3, tapi batal gara-gara Johann Zarco.

Seperti diketahui, Zarco meminta KTM memutuskan kontraknya setahun lebih awal pada 2019. Binder yang tadinya sudah tanda tangan kontrak dengan Tech 3 untuk turun di MotoGP 2020 sebagai tandem Oliveira, mendadak dialihkan ke tim pabrikan. Alhasil, Poncharal pun menggaet Iker Lecuona sebagai penggantinya.

1 dari 3 halaman

Sempat Jengkel Batal Naungi Binder-Oliveira

Manajer Tim KTM Tech 3, Herve Poncharal (c) KTM/Gold and Goose

Manajer Tim KTM Tech 3, Herve Poncharal (c) KTM/Gold and Goose

Poncharal sangat vokal menyuarakan kekecewaannya batal menaungi Binder dan Oliveira, meski bangga kedua rider ini mempersembahkan tiga kemenangan untuk KTM pada 2020. Ia makin sedih karena harus melepas Oliveira, yang akhirnya benar-benar setim dengan Binder di tim pabrikan pada 2021 usai Pol Espargaro hengkang.

Seiring berjalannya waktu, rasa sebal pria Prancis ini akhirnya luntur, dan kini justru memaklumi langkah KTM. Kepada Speedweek, Rabu (6/1/2021), Poncharal mengaku memahami betapa pentingnya menandemkan Binder dan Oliveira di tim utama, karena selain bertalenta dan kuat, mereka sudah 'dididik' oleh Red Bull dan KTM sejak belia.

"Tentu saya ingin menaungi Brad dan Miguel pada 2020. Sayangnya, situasi yang terjadi pada Zarco bikin sedikit kacau. Tapi apa yang terjadi biarlah terjadi. Saya sendiri selalu memahami semua keputusan KTM, saya mendukung mereka. Red Bull KTM kini punya 'dream team' bersama Brad dan Miguel," ungkap Poncharal.

2 dari 3 halaman

Generasi Murni KTM Usai Usaha 10 Tahun

Miguel Oliveira dan Brad Binder di Moto2 Valencia 2017 (c) AFP

Miguel Oliveira dan Brad Binder di Moto2 Valencia 2017 (c) AFP

Poncharal pun menyatakan, kini dirinya justru merasa sangat bangga bisa mempersembahkan Oliveira kepada tim pabrikan KTM usai melihat kematangan performanya di lintasan saat memenangi balapan MotoGP Styria dan Portugal.

"Menandemkan Brad dan Miguel di tim pabrikan adalah hal yang masuk akal, toh mereka memang duet yang menakjubkan. Keduanya generasi murni yang dikembangkan Red Bull dan KTM selama nyaris 10 tahun. Saya pun sangat bangga bisa menyerahkan Miguel kepada tim pabrikan," tuturnya.

"Mereka bakal jadi duet yang sangat menarik. Mereka bakal saling memotivasi. Brad agak berdarah panas, sementara Miguel berdarah dingin. Kombinasi ini bakal sangat kuat. KTM bakal bersenang-senang dengan mereka," pungkas Poncharal.

Sumber: Speedweek

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR