BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Brad Binder Kagumi Motor MotoGP, Sebut Tenaganya 'Gila'

20-12-2019 14:25 | Anindhya Danartikanya

Brad Binder (c) KTM Brad Binder (c) KTM

Bola.net - Pebalap anyar Red Bull KTM Factory Racing, Brad Binder, mengaku sangat takjub pada tenaga mesin motor MotoGP usai menjajal motor RC16 di uji coba pascamusim di Valencia dan Jerez, Spanyol, pada pertengahan November. Demikian yang dilansir Tutto Motori, Kamis (19/12/2019).

Binder tadinya dipastikan naik ke MotoGP bersama Red Bull KTM Tech 3, namun dialihkan ke tim pabrikan setelah Johann Zarco memutuskan hengkang. Meski belum bisa bersaing di papan atas, Binder merasa takjub pada MotoGP dan yakin KTM bisa membantunya kompetitif.

"Rasanya sungguh gila! Pada lap-lap pertama, sungguh gila merasakan betapa besarnya tenaga mesin ini, begitu juga cara kerja elektronik membuat tenaga ini seluruhnya berguna. Menurut saya, ini seperti dunia yang lain jika dibandingkan dengan Moto2," tutur rider 24 tahun ini.

1 dari 2 halaman

Masih Harus Banyak Belajar

Binder, yang merupakan juara dunia Moto3 2016 dan runner up Moto2 2019, mengakui dirinya masih harus mencari cara yang lebih baik dalam membawa RC16 tampil optimal. Mengingat MotoGP jauh lebih bertenaga, maka teknik untuk mengendarainya tentu berbeda dari Moto2.

"Hal utama yang harus dilakukan adalah memahami cara melaju cepat dan menggunakan tenaga ekstra mesin ini. Saya pun punya banyak hal yang harus dipelajari, tapi saya sudah tak sabar berkendara lagi karena kini saya sudah lebih paham apa yang harus saya kerjakan," ujarnya.

2 dari 2 halaman

Tak Punya Target Muluk dalam Debut

Rider asal Afrika Selatan ini pun mengaku tak mematok target muluk musim depan, meski podium dalam seri pembuka di Qatar nanti adalah impiannya. Binder menyatakan bahwa harapan utamanya hanyalah cepat memahami karakter dan cara kerja motornya.

"Tentu saya ingin merasa optimistis bisa naik podium di Qatar, tapi masih begitu banyak yang harus saya pelajari. Uji coba di Valencia dan Jerez membuat saya sadar naik ke MotoGP adalah langkah yang sangat besar, sangat berbeda dari motor lain yang pernah saya coba," tutupnya.

Sebagai rider berstatus debutan, Binder diperbolehkan turun dalam uji coba pramusim (shakedown) di Sirkuit Sepang, Malaysia pada 2-4 Februari 2020, dan setelahnya bergabung dengan rider MotoGP lainnya pada 7-9 Februari.

KOMENTAR