BERITA TIMNAS JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Bos Tim Legendaris Formula 1 Sir Frank Williams Meninggal Dunia

29-11-2021 08:53 | Anindhya Danartikanya

Sir Frank Williams (c) AP Photo
Sir Frank Williams (c) AP Photo

Bola.net - Team Principal legendaris Formula 1, Sir Frank Williams, meninggal dunia dalam usia 79 tahun pada Minggu (28/11/2021). Williams adalah eks Team Principal Williams Racing, dan merupakan sosok yang menjabat peran team principal terlama dalam sejarah F1.

Williams mulai menjabat peran bos tim pada 1969, meraih tujuh gelar dunia pembalap dan sembilan gelar dunia konstruktor. Ia pun mengalami cedera tulang belakang akibat kecelakaan mobil di Prancis pada 1986 yang membuatnya lumpuh, hingga selalu menggunakan kursi roda selama berkegiatan.

Pria asal Inggris ini pun mulai mengurangi beban kerjanya di F1 pada 2012 dengan mundur dari dewan para petinggi Williams meski masih bertitel Team Principal. Sang anak perempuan, Claire Williams, ditunjuk sebagai Deputy Team Williams dan mengatur kebutuhan tim sehari-hari sebelum menjual timnya ke investor asal Amerika Serikat akhir tahun lalu.

1 dari 1 halaman

Sempat Dilarikan ke Rumah Sakit

Williams beberapa kali dirawat di rumah sakit sejak 2016 untuk memulihkan penyakit pneumonia dan memutuskan berhenti bepergian mengunjungi balapan F1. Pada Jumat (26/11/2021), Williams kembali dirawat di rumah sakit, namun mengembuskan napas terakhir pada Minggu.

Pernyataan resmi Williams Racing:

"Dengan kesedihan mendalam, mewakili Keluarga Williams, tim kami bisa mengonfirmasi soal meninggalnya Sir Frank Williams CBE, penggagas sekaligus mantan Team Principal Williams Racing, dalam usia 79 tahun. Usai dilarikan ke rumah sakit pada Jumat, Sir Frank, meninggal dunia dalam damai pagi ini, dikelilingi keluarganya.

"Hari ini, kami pun memberikan penghormatan kepada sosok yang sangat kami cintai dan menginspirasi. Frank akan sangat dirindukan. Kami pun memohon kepada seluruh kerabat dan kolega untuk menghormati harapan Keluarga Williams dalam menjaga privasi mereka pada masa-masa ini."

Sumber: Formula 1

KOMENTAR