BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Bos Petronas Yamaha SRT Sambut Baik Hadirnya Mandalika di MotoGP 2022

15-06-2021 14:16 | Anindhya Danartikanya

Team Principal Petronas Yamaha SRT, Razlan Razali (c) YouTube/Petronas SRT
Team Principal Petronas Yamaha SRT, Razlan Razali (c) YouTube/Petronas SRT

Bola.net - Team Principal Petronas Yamaha SRT, Razlan Razali, menyambut hangat kehadiran Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, dalam kalender balap MotoGP 2022. Kepada Sports Pro pada Kamis (10/6/2021), Razali menyatakan bahwa digelarnya balapan MotoGP di Indonesia akan berdampak positif di berbagai sektor.

Sirkuit Mandalika yang saat ini masih dalam proses pembangunan, sempat jadi salah satu sirkuit cadangan di kalender musim 2021 mengingat pandemi Covid-19 masih merebak di mana-mana. Namun, pada awal April lalu, MotoGP pun resmi menyatakan bahwa Mandalika akan benar-benar masuk dalam kalender balap 2022.

Usai digelarnya Seri Doha, Qatar, pada 4 April lalu, wakil MotoGP juga mengunjungi Mandalika. Mereka adalah FIM Safety Officer Franco Uncini, Perwakilan Race Direction Loris Capirossi, dan Managing Director Dorna Sports Carlos Ezpeleta. Mereka terkesan pada evolusi proyek ini dan progres peningkatan standar keamanannya.

1 dari 3 halaman

Wakil Mandalika Sempat 'Study Tour' di Sepang

Desain Sirkuit Mandalika, Lombok, Indonesia (c) MotoGP
Desain Sirkuit Mandalika, Lombok, Indonesia (c) MotoGP

Razali, yang melepas jabatannya sebagai CEO Sepang International Circuit pada awal 2020 demi fokus menjalankan proyek SRT di MotoGP, Moto2, Moto3, dan MotoE, mengaku sempat menerima perwakilan dari Sirkuit Mandalika di Sirkuit Sepang pada November 2019 untuk 'study tour' soal penyelenggaraan balapan Grand Prix.

"Pada tahun terakhir saya sebagai CEO Sepang, kami menerima delegasi dari Mandalika International Street Circuit untuk belajar di sela MotoGP Malaysia. Kami pada dasarnya menunjukkan sekeliling kepada mereka demi mendapatkan pemahaman lebih baik soal cara menggelar seri MotoGP," ujar Razali.

Pria asal Malaysia ini menyatakan bahwa bergabungnya Mandalika sebagai salah satu tuan rumah MotoGP bakal sangat baik bagi kejuaraan ini, mengingat antusiasme penggemar balap di Asia Tenggara sedang menggeliat dan nilai pemasaran motor jalanan juga sangat tinggi di area ini.

2 dari 3 halaman

Yakin MotoGP Malaysia 2021 Tetap Digelar

Pembalap Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi (c) Petronas SRT
Pembalap Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi (c) Petronas SRT

"Saya rasa Mandalika International Street Circuit sangat baik untuk Indonesia, saya rasa ini hebat untuk kejuaraan MotoGP, dan juga jadi dorongan besar bagi area Asia Tenggara, karena Anda tahu, pasar motor terbesar di dunia adalah di Asia Tenggara," ungkap Razali.

Pada wawancara yang sama, Razali juga mengaku sangat yakin bahwa MotoGP Malaysia yang rencananya akan digelar pada 29-31 Oktober nanti akan tetap berjalan meski pandemi Covid-19 masih menyebar di mana-mana.

"Saya yakin MotoGP Malaysia akan digelar tahun ini. Masih ada banyak waktu sampai Oktober, meski entah bakal dihadiri penonton atau tidak. Grand Prix Qatar awal tahun ini menunjukkan bahwa memungkinkan bisa menjalani balapan-balapan flyaway," tutupnya.

Sumber: Sports Pro

3 dari 3 halaman

Video: Gaya Nyeleneh Valentino Rossi di MotoGP

KOMENTAR