Bos Dorna Prediksi Marc Marquez Baru Comeback di MotoGP Portimao

Anindhya Danartikanya | 30 Maret 2022, 17:14
Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) Honda Racing Corporation
Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) Honda Racing Corporation

Bola.net - CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta, memperkirakan Marc Marquez baru akan kembali balapan dalam MotoGP Portugal di Sirkuit Algarve, Portimao, 22-24 April 2022 nanti. Hal ini ia nyatakan kepada Speedweek, Rabu (30/3/2022), sehari setelah Repsol Honda mengumumkan Marquez harus absen dari Seri Argentina 1-3 April.

Marquez diketahui mengalami empat kecelakaan hebat sepanjang gelaran MotoGP Mandalika dua pekan lalu, salah satunya terjadi di sesi pemanasan. Ia mengalami gegar otak dan disarankan tak ikut balapan. Dalam perjalanan pulang ke Spanyol, Marquez tiba-tiba merasa penglihatan mata kanannya tak nyaman.

Usai pemeriksaan medis darurat di Barcelona, Marquez dinyatakan kembali mengalami diplopia alias penglihatan ganda, cedera yang pertama kali ia alami usai kecelakaan hebat di Malaysia pada 2011 dan kambuh usai kecelakaan enduro di Spanyol pada Oktober 2021 lalu. Alhasil, ini ketiga kalinya Marquez menderita diplopia.

1 dari 2 halaman

Rehatnya Bisa Lebih Lama Lagi

CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta (c) MotoGP.com

CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta (c) MotoGP.com

Ezpeleta yakin, selain harus absen di Argentina, Marquez juga bakal absen dari pekan balap di sirkuit favoritnya, yakni Circuit of The Americas, Austin pada 8-10 April nanti. Pasalnya, meski menyatakan keadaan mata Marquez terus membaik, dr. Sanchez Dalmau ingin rider Spanyol itu optimal dalam menjalani terapi.

"Diplopia kali ini tak terlalu memengaruhi Marc seperti pada Oktober lalu. Saya pun berharap ia bisa kembali berkendara sesegera mungkin. Mungkin ia akan mencobanya di Portimao pada 24 April. Namun, tampaknya masa rehatnya bisa lebih lama lagi," ungkap Ezpeleta.

Ezpeleta, yang telah menggawangi MotoGP lewat Dorna sejak 1992 ini menyatakan, seharusnya Marquez tak perlu gegabah dalam mencari performa apik. Apalagi, musim 2022 baru saja dimulai. Ia menyarankan Marquez fokus seri demi seri dan tak terlalu kepikiran target jangka panjang, yakni gelar dunia.

2 dari 2 halaman

Musim Masih Panjang

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) Honda Racing Corporation

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) Honda Racing Corporation

"Marc harusnya tak memikirkan kans merebut gelar, melainkan hanya fokus pada tiap balapan. Musim ini masih panjang, ada 21 Grand Prix. Ini juga akan tergantung hasil pembalap lain. Andai tiap rider memenangkan satu balapan, Marc masih bisa jadi kandidat juara dunia jika tampil konsisten," ujar Ezpeleta.

Ezpeleta meyakini bahwa MotoGP akan tetap seru ditonton meski tak ada Valentino Rossi yang sudah pensiun dan Marquez yang sedang cedera. Namun, ia sangat berharap sang delapan kali juara dunia bisa kembali berkendara dan balapan dengan baik seperti sediakala.

"Memang benar musim ini lebih banyak kandidat juara. Namun, saya harap Marc bisa kembali berkendara di Portimao. Jika ia meraih hasil baik di sana, ia punya kesempatan memperebutkan posisi teratas. Entah ia bisa jadi juara atau tidak, tapi jika ia memperebutkan kemenangan di tiap Grand Prix, bisa jadi," tutupnya.

Sumber: Speedweek

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR