BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Bisa Absen 3 Balapan, Marc Marquez Kecewa Dianggap 'Sok Pahlawan'

05-08-2020 15:20 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) HRC Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) HRC

Bola.net - Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, memang telah dipastikan absen dari pekan balap MotoGP Brno, Ceko, 7-9 Agustus nanti. Meski begitu, pada Selasa (4/8/2020), El Periodico mengabarkan bahwa ia juga akan absen dari MotoGP Austria dan Styria di Sirkuit Red Bull Ring.

Kabar ini ditulis oleh Emilio Perez de Rozas, yakni jurnalis balap asal Spanyol yang diketahui dekat dengan sumber terpercaya Marquez Bersaudara. Menurut pantauan de Rozas, Marquez takkan bisa pulih benar dari cedera lengan kanannya setidaknya sampai sebulan ke depan.

Marquez diketahui mengalami kecelakaan dalam MotoGP Spanyol di Jerez, Minggu (19/7/2020). Usai terbentur ban depan RC213V saat terjatuh di gravel, tulang humerus kanannya patah dan harus dioperasi di Barcelona dua hari setelahnya untuk menanamkan satu plat titanium dan 12 sekrup.

1 dari 3 halaman

Terancam Tanpa Poin di 5 Seri Pertama 2020

Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) Twitter/Marc Marquez Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) Twitter/Marc Marquez

Dua hari setelah operasi, Kamis (23/7/2020) Marquez memutuskan kembali ke Jerez untuk mencoba balapan di MotoGP Andalusia. Namun, ia akhirnya memutuskan absen setelah lengannya mengalami rasa sakit, memar, dan bengkak usai ia berkendara di sesi FP3 dan FP4.

Marquez sempat diperkirakan bisa kembali balapan di Brno akhir pekan ini. Namun, sebelum ia berangkat, Spesialis Traumatologi MotoGP, dr. Xavier Mir menemukan kerusakan pada plat Marquez hingga 8 kali juara dunia itu terpaksa kembali dioperasi pada Senin (3/8/2020).

Honda Racing Corporation (HRC) pun belum merilis pernyataan apa pun soal balapan di Austria pada 14-16 Agustus dan Styria pada 21-23 Agustus, namun mereka telah memastikan Marquez bakal absen di Brno dan sementara digantikan test rider HRC, Stefan Bradl.

2 dari 3 halaman

Kecewa Dianggap 'Gila' dan 'Sok Pahlawan'

Meski begitu, de Rozas melaporkan bahwa rider berusia 27 tahun itu benar-benar bakal absen dari kedua balapan di Sirkuit Red Bull Ring. Hal ini berarti Marquez diperkirakan baru bisa tampil di lintasan lagi pada pertengahan September, yakni dalam dua balapan di Misano, Italia, pada 11-13 dan 18-20 September.

De Rozas juga mengabarkan bahwa Marquez merasa kecewa karena banyak pihak menganggapnya 'gila' karena nekat mencoba balapan di MotoGP Andalusia hanya beberapa hari setelah operasi pertama. Ia menegaskan bahwa dirinya tak 'gila' dan tak mau dianggap 'pahlawan'.

Marquez juga menegaskan bahwa keputusannya untuk mencoba turun lintasan di Jerez ketika belum pulih benar adalah keputusan wajar yang diambil seorang pembalap, apalagi ia juga berada dalam pengawasan dokter dan telah lolos tes medis yang wajib ia lakukan.

3 dari 3 halaman

Video: Pembangunan Sirkuit MotoGP Indonesia 2021 di Mandalika

KOMENTAR