BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Bertalenta dan Cepat, Inilah 5 Pasangan Kakak-Adik yang Turun di MotoGP 2021

20-01-2021 13:11 | Anindhya Danartikanya

Valentino Rossi dan Luca Marini (c) AP Photo Valentino Rossi dan Luca Marini (c) AP Photo

Bola.net - Helatan Grand Prix motor dunia 2021 dipastikan akan diikuti oleh 80 pembalap terbaik yang terbagi di kelas MotoGP, Moto2, dan Moto3. Uniknya, 10 dari mereka punya status sebagai kakak-adik. Beberapa di antaranya bahkan akan turun di kelas balap yang sama.

Musim baru Grand Prix pun dijadwalkan dimulai di Sirkuit Losail, Qatar, pada 26-28 Maret mendatang, dan akan ada banyak rider yang berpindah kelas balap dan juga pindah tim. Para debutan juga akan berdatangan ke kelas-kelas Grand Prix yang ada.

MotoGP misalnya. Valentino Rossi yang sudah bertahun-tahun turun di kelas ini, akhirnya akan disusul oleh sang adik, Luca Marini. Begitu juga Raul Fernandez, yang tahun ini akan melihat sang adik, Adrian Fernandez, yang bakal menjalani debut di Moto3.

Berikut lima pasangan kakak-adik yang bakal turun di ajang Grand Prix 2021.

1 dari 6 halaman

Marc Marquez dan Alex Marquez

Marc Marquez dan Alex Marquez (c) HRC Marc Marquez dan Alex Marquez (c) HRC

Marc Marquez dijadwalkan akan menjalani musimnya yang kesembilan di kelas para raja, namun saat ini masih dirundung cedera lengan berkepanjangan yang entah kapan pulih benar. Ia diprediksi butuh waktu lima bulan lagi untuk sembuh, namun belum ada kepastian dari tim dokternya.

Di lain sisi, musim ini ia takkan lagi bertandem dengan sang adik, Alex Marquez. Pasalnya, tempat Alex di Repsol Honda akan diambil alih oleh Pol Espargaro, sementara ia sendiri ditransfer ke LCR Honda. Membela tim satelit pun diperkirakan akan mengurangi beban Alex dalam tampil baik seperti kakaknya.

2 dari 6 halaman

Valentino Rossi dan Luca Marini

Luca Marini dan Valentino Rossi (c) Facebook/Luca Marini Luca Marini dan Valentino Rossi (c) Facebook/Luca Marini

Tahun 2021 akan menjadi tahun ke-26 Valentino Rossi berlaga di Grand Prix, dan juga menjadi yang ke-22 di GP500/MotoGP. Musim ini, ia takkan lagi membela Monster Energy Yamaha, melainkan Petronas Yamaha SRT. Ini pertama kalinya ia membela tim satelit sejak Nastro Azzurro Honda di GP500 2001 lalu.

Tahun ini pun akan terasa spesial bagi Rossi. Pasalnya, ia akhirnya disusul sang adik yang 18 tahun lebih muda, Luca Marini, ke MotoGP. Marini yang sukses menjadi runner up di Moto2 2020, akan membela Ducati Corse di bawah naungan Esponsorama Racing yang melebur dengan Sky Racing VR46.

3 dari 6 halaman

Aleix Espargaro dan Pol Espargaro

Aleix dan Pol Espargaro (c) MotoGP.com Aleix dan Pol Espargaro (c) MotoGP.com

Ketimbang Marquez Bersaudara dan Rossi-Marini, Aleix Espargaro dan Pol Espargaro jauh lebih lama menjadi kakak-adik sekaligus rival di MotoGP. Aleix yang sudah turun di MotoGP sepenuhnya sejak 2011 akan tetap membela Aprilia Racing Team Gresini.

Pol pun menyusulnya pada 2014 lalu, usai menjuarai kelas Moto2. Usai malang melintang di Monster Yamaha Tech 3 dan Red Bull KTM Factory Racing, kini Polyccio akan membela Repsol Honda, bertandem dengan Marc Marquez yang sudah jadi rival sengitnya sejak anak-anak.

4 dari 6 halaman

Brad Binder dan Darryn Binder

Brad Binder dan Darryn Binder (c) KTM/Polarity Photo, AP Photo Brad Binder dan Darryn Binder (c) KTM/Polarity Photo, AP Photo

Brad Binder dan Darryn Binder boleh jadi tak turun di kelas yang sama, namun dua rider asal Afrika Selatan ini talentanya sangat diakui oleh penghuni paddock MotoGP. Brad yang merupakan juara dunia Moto3 2016 akan menjalani tahun keduanya di kelas para raja bareng Red Bull KTM Factory Racing.

Darryn, yang akrab disapa 'Daz', masih akan turun di Moto3, namun kali ini ia akan membela Petronas Sprinta Racing, tim dengan struktur yang solid menuju MotoGP. Darryn pun berharap bisa naik ke Moto2 pada 2022, hingga bisa segera menyusul sang kakak ke kelas tertinggi.

5 dari 6 halaman

Raul Fernandez dan Adrian Fernandez

Adrian dan Raul Fernandez (c) FIM CEV Repsol Adrian dan Raul Fernandez (c) FIM CEV Repsol

Raul Fernandez memang belum pernah meraih gelar dunia, namun rider muda Spanyol ini menjadi salah satu rider dengan performa paling mencolok di Moto3 2020 dengan enam pole, empat podium, dan dua kemenangan. Hasil ini pun membuat Red Bull KTM Ajo menaikkannya ke Moto2 tahun ini juga.

Uniknya, Raul juga akan menyaksikan adiknya, Adrian Fernandez, menjalani debut di Moto3 musim ini. Adrian yang merupakan bintang FIM Moto3 Junior World Championship, mendadak turun di Grand Prix untuk menggantikan Alonso Lopez di Sterilgarda Max Racing Team, yakni tim balap milik Max Biaggi.

6 dari 6 halaman

Video: Momen Franco Morbidelli Raih Kemenangan Perdana di MotoGP San Marino

KOMENTAR