Belum Turun di Moto3, Ducati Sudah Jadi Rebutan

Anindhya Danartikanya | 17 Januari 2019, 15:20
Andrea Dovizioso (c) Ducati
Andrea Dovizioso (c) Ducati

Bola.net - - Sporting Director Ducati Corse, Paolo Ciabatti menyatakan beberapa tim Moto3 sudah menyatakan ketertarikan untuk bekerja sama dengan mereka, meski proyek tersebut masih berada dalam angan-angan dan takkan terwujud sebelum mereka kembali merebut gelar dunia di MotoGP.

Gagasan turun di Moto3 dicetuskan oleh General Manager Ducati Corse, Luigi 'Gigi' Dall'Igna sejak 2016. Ia yakin proyek ini bakal membantu Ducati mencari bibit-bibit muda untuk diturunkan di MotoGP. Meski begitu, departemen balap Ducati yang berskala kecil belum bisa menyanggupi.

Ide ini juga dicetuskan Dall'Igna usai melihat program junior yang dijalankan Honda dan KTM, yang juga terbukti sukses mengorbitkan rider-rider ternama di ajang Grand Prix. Marc Marquez, Takaaki Nakagami dan Miguel Oliveira adalah 'bukti' kesuksesan dari program kedua pabrikan tersebut.

1 dari 2 halaman

Tanpa Koneksi, Kerja Lebih Keras

Ciabatti tak memungkiri, tanpa koneksi di Moto3 dan Moto2, pihaknya harus bekerja ekstra keras demi mencari rider-rider muda. Andrea Iannone merupakan 'produk' tersukses yang pernah mereka rekrut dari Moto2, dan kini Francesco Bagnaia bisa mengikuti jejak The Maniac.

"Belum ada keputusan konkret. Kami tahu kami tak punya program 'berantai' seperti yang dilakukan KTM secara sempurna. Kami tak punya koneksi dengan tim Moto3 dan Moto2, jadi kami bekerja dengan cara berbeda. Tapi sudah jelas, sekalinya Ducati turun di Moto3, kami bisa memberikan tawaran bagus kepada peserta," ujar Ciabatti via GPOne.

2 dari 2 halaman

Sudah Ada yang Tertarik

Uniknya, meski proyek Moto3 mereka belum jelas kapan bakal diwujudkan, Ducati sudah mendapatkan kontak dari beberapa tim peserta. Sayangnya, Ciabatti menyebut bahwa departemen balap Ducati saat ini masih fokus mengejar gelar dunia di MotoGP dan WorldSBK.

"Beberapa tim sudah menunjukkan ketertarikan besar kepada kami, dan berharap kami punya potensi besar. Tapi sumber daya Ducati Corse saat ini didedikasikan kepada MotoGP dan WorldSBK. Belum ada ruang atau bujet untuk proyek tambahan," ungkap Ciabatti.

"Meski di atas kertas proyek ini takkan rumit, kami butuh sumber daya manusia dan buaya untuk melakukannya dengan serius. Saat ini, turun di Moto3 masih merupakan ide dan semoga kami bisa melakukannya di masa depan," tutupnya.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR