BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Bela Avintia, Johann Zarco: Takut Gagal Itu Penting

21-01-2020 15:25 | Anindhya Danartikanya

Johann Zarco (c) LCR Honda Johann Zarco (c) LCR Honda

Bola.net - Pebalap Reale Avintia Racing, Johann Zarco, mengaku sama sekali tak menyesal meminta KTM memutuskan kontraknya setahun lebih awal di MotoGP 2019. Kepada Moto Journal, Zarco bahkan menyatakan jauh lebih penting untuk menatap masa depannya.

Zarco bergabung dengan KTM pada awal 2019, namun langsung kesulitan menjinakkan RC16. Ia pun meminta kontraknya yang berdurasi dua tahun diputus lebih awal. Kini, ia pun menerima tantangan baru dari Ducati. Menurutnya, ini bukti bahwa dirinya masih pemberani.

"Saya berani melakukan beberapa hal tertentu, dan kini saya melakukannya lagi. Jika saya merasa seharusnya bisa lebih baik, itu bukan momen buruk, melainkan bagian dari masa lalu. Saya tak takut menghadapi tantangan baru," ungkapnya seperti yang dikutip Paddock GP.

1 dari 2 halaman

Harus Takut Gagal

Meski begitu, Zarco meyakini bahwa dirinya memang harus punya rasa takut untuk gagal. Memiliki perasaan macam itu, menurutnya bisa mendorong pebalap untuk tampil lebih baik dan keluar dari zona nyaman.

"Tentu Anda harus sedikit takut, karena tanpa rasa takut, Anda takkan bisa berprogres dengan baik. Tak peduli seberapa besar rasa takut Anda, tapi sekalinya Anda merasa terlalu nyaman, maka Anda bisa melakukan hal-hal bodoh," ujar juara dunia Moto2 2015 dan 2016 ini.

2 dari 2 halaman

Belum Mau Punya Pelatih Balap Lagi

Di lain sisi, Zarco mengaku belum terpikir untuk kembali bekerja sama dengan Jean-Michel Bayle, yang sempat menjadi pelatih balapnya pada paruh kedua musim 2019. Menurut Zarco, ia yakin masih harus berjuang sendiri, walau mengakui kehadiran Bayle akan sangat membantu.

"Ia bisa membantu saya menuju gelar dunia, tapi itu bukan target saya beberapa bulan ke depan. Saya punya tugas menumpuk. Saya akan berusaha sendiri. Saya yakin bisa masuk tujuh besar. Saya senang lanjut di MotoGP. Jika tahun depan bisa kembali dapat motor pabrikan, maka saya menang taruhan dengan diri saya sendiri," tutupnya.

Absen dari uji coba pascamusim MotoGP Valencia dan Jerez, Spanyol, November lalu, Zarco akan kembali turun lintasan dan untuk pertama kali menjajal Ducati dalam uji coba pramusim Sepang, Malaysia, pada 7-9 Februari nanti.

KOMENTAR