BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Batal Cerai, Repsol-Honda Lanjutkan Kerja Sama Legendaris di MotoGP 2021

16-10-2020 11:12 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Repsol Honda, Alex Marquez (c) HRC Pembalap Repsol Honda, Alex Marquez (c) HRC

Bola.net - Usai digosipkan bakal berpisah akhir musim ini, Repsol dan Honda dikabarkan akan tetap bekerja sama untuk turun di MotoGP musim depan, demikian yang dilansir oleh Motorsport.com, pada Kamis (15/10/2020), menjelang MotoGP Aragon di Sirkuit MotorLand Aragon, Spanyol.

Repsol telah menjadi sponsor tim pabrikan Honda Racing Corporation (HRC) sejak 1995, mendukung Mick Doohan meraih empat dari dari lima gelar dunianya di GP500. Pada 1999, mereka juara bersama Alex Criville, dan kemudian di MotoGP bersama Valentino Rossi pada 2002 dan 2003.

Pada 2006, Repsol Honda kembali merebut gelar lewat Nicky Hayden, dan Casey Stoner pada 2011. Dalam tujuh musim terakhir, Repsol Honda bahkan sukses meraih enam gelar dunia MotoGP bersama Marc Marquez. Namun, kontrak kerja sama antara kedua belah pihak akan habis pada akhir musim nanti.

1 dari 3 halaman

Sama-Sama Sedang Terpuruk

Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) HRC Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) HRC

Rumor bahwa Repsol dan Honda bakal berpisah ini mencuat pada akhir September, sepekan setelah menyeruaknya kabar bahwa Red Bull telah memutuskan tak mau lagi menjadi sponsor utama KTM Tech 3 pada musim depan. Red Bull dikabarkan ingin beralih jadi sponsor utama tim pabrikan Honda.

Selain itu, kabar perpisahan ini juga muncul ketika HRC sedang terpuruk, mengingat mereka belum menang sepanjang 2020, dan menunggu lama untuk naik podium sebelum Alex Marquez akhirnya finis kedua di Le Mans, Prancis, pada Minggu (11/10/2020).

Absennya Marc Marquez akibat cedera patah tulang lengan pun memperburuk situasi. Di lain sisi, Repsol juga terkena dampak negatif krisis ekonomi akibat pandemi Covid-19. Harga minyak terjun bebas, kerugian perusahaan mencapai nyaris 60%. Padahal, mereka menyalurkan dana USD 12-15 juta per tahun untuk HRC.

2 dari 3 halaman

Tanda Tangani Kontrak 2 Tahun

Namun, Motorsport.com mengabarkan bahwa perpisahan hubungan ikonik ini batal terjadi. Menurut laporan mereka, Repsol dan Honda tetap bakal bekerja sama di MotoGP, dan telah menandatangani kontrak berdurasi dua tahun, yang berarti mereka juga tetap berduet setidaknya sampai 2022 mendatang.

Di lain sisi, belum diketahui siapa yang akan menjadi pengganti Red Bull sebagai sponsor utama KTM Tech 3. Meski begitu, sang bos tim, Herve Poncharal, menyatakan pihaknya akan tetap balapan di MotoGP 2021 dan bakal tetap mendapatkan dukungan teknis terbaik dari KTM Factory Racing.

Meski begitu, Poncharal tak malu-malu menyatakan bahwa keputusan Red Bull untuk hengkang dari Tech 3 terasa cukup aneh, karena KTM tengah mengalami performa yang menanjak, apalagi timnya juga ikut menyumbang kemenangan lewat Miguel Oliveira di MotoGP Styria.

Sumber: Motorsportcom

3 dari 3 halaman

Video: Pembangunan Sirkuit MotoGP Indonesia 2021 di Mandalika

KOMENTAR