BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Batal Balapan, Jorge Lorenzo Ingin Tetap Jadi Test Rider di MotoGP 2021

15-05-2020 13:07 | Anindhya Danartikanya

Test rider Yamaha, Jorge Lorenzo (c) MotoGP.com Test rider Yamaha, Jorge Lorenzo (c) MotoGP.com

Bola.net - Jorge Lorenzo kecewa batal turun balapan di MotoGP 2020, usai Komite Grand Prix (GPC) memutuskan menghapus fasilitas wildcard tahun ini demi menekan jumlah pekerja di paddock pada pekan balap, sejalan dengan anjuran physical distancing dalam pandemi virus corona.

Lorenzo menerima tawaran turun sebagai pebalap wildcard di Catalunya, Spanyol, usai menjadi test rider Yamaha sejak akhir Januari lalu. Namun, aksinya batal karena seri tersebut ditunda. Kini, harapannya untuk balapan pada 2020 justru benar-benar sirna menyusul keputusan GPC.

Meski kecewa, lima kali juara dunia ini juga mengakui bahwa ini adalah keputusan terbaik, karena andaipun fasilitas wildcard tahun ini tak dihapus, ia hanya mau turun balapan jika mendapatkan kesempatan uji coba lebih dahulu. Akibat pandemi, uji coba juga tak mungkin digelar.

Uji coba memang sangat dibutuhkan Lorenzo, karena ia masih harus mengevaluasi kondisi fisiknya setelah cedera punggung tahun lalu. Selain itu, ia juga belum pernah menjajal YZR-M1 versi 2020, mengingat ia sekadar menjajal M1 versi 2019 di uji coba Malaysia, Februari lalu.

1 dari 3 halaman

Tak Masuk Akal Balapan Tanpa Uji Coba

Jorge Lorenzo (c) Yamaha Jorge Lorenzo (c) Yamaha

"Sangat disayangkan, karena saya sungguh ingin kembali balapan bersama Yamaha di Montmelo. Tapi saya memang hanya ingin melakukannya dalam situasi yang tepat. Gila jika harus balapan tanpa uji coba lebih dulu. Andai boleh turun sesuai jadwal baru, saya tetap tak bisa balapan," ujarnya via Diario AS.

Menurut Lorenzo, fasilitas wildcard yang diberikan Yamaha tadinya adalah bagian dari program menjajal berbagai perangkat baru, agar tak mengacaukan fokus Maverick Vinales, Valentino Rossi, dan Fabio Quartararo pada pekan balap.

"Balapan dengan situasi ini tak masuk akal. Target saya tadinya adalah balapan demi membantu Yamaha dengan empat sesi secara beruntun, demi memberi informasi sebanyak mungkin. Selain itu, bakal disayangkan jika balapan tanpa penonton, meski langkah ini bisa memberikan kondisi baik," ungkapnya.

2 dari 3 halaman

Ingin Tetap Jadi Test Rider Yamaha

Rider asal Spanyol ini juga menyebut bahwa Yamaha lah yang memilih Sirkuit Barcelona-Catalunya sebagai tempat wildcard-nya, meski juga sempat mempertimbangkan Misano dan Motegi. Di lain sisi, ia mengaku tak ingin kembali balapan secara penuh pada 2021 mendatang.

"Yamaha lah yang memilih Montmelo, tapi Misano dan Motegi juga bisa jadi tempat yang baik untuk balapan. Tapi saat ini balapan secara penuh adalah hal yang sama sekali tak ada di kepala saya, dan kemungkinannya masih sangat kecil bahwa hal ini akan terjadi," tuturnya.

Selain itu, Lorenzo juga mengomentari kontraknya dengan Yamaha yang hanya setahun. Ia pun mengaku ingin tetap menjabat peran ini pada 2021. "Saya harus bicara dengan Yamaha lagi demi melihat apakah kami akan terus bekerja sama tahun depan lewat tim uji coba," pungkasnya.

3 dari 3 halaman

Video: 5 Pebalap Hebat WorldSBK yang Tak Sukses di MotoGP

KOMENTAR