BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Balapan di Rumah Sendiri, Inilah 9 Fakta Unik KTM Jelang MotoGP Austria

13-08-2020 15:50 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Red Bull KTM Factory Racing, Brad Binder (c) KTM/Polarity Photo Pembalap Red Bull KTM Factory Racing, Brad Binder (c) KTM/Polarity Photo

Bola.net - KTM dan Brad Binder sukses menggemparkan dunia lewat kemenangan perdana mereka di MotoGP Ceko yang digelar di Sirkuit Brno, Minggu (9/8/2020). Akhir pekan ini, pada 14-16 Agustus, KTM pun akan menjalani pekan balap di kandang sendiri, yakni di Sirkuit Red Bull Ring, Austria.

Balapan di rumah sendiri, meski takkan dihadiri penonton akibat pandemi virus corona, KTM tentunya mengusung motivasi dan semangat tinggi menuju Red Bull Ring. Harapan untuk mengulang hasil di Brno tentu jadi melambung tinggi.

Menjelang balapan di Red Bull Ring, Tim Bola.net pun telah mengumpulkan sembilan fakta unik seputar KTM. Apa saja sih? Simak ulasannya berikut ini ya, Bolaneters!

1 dari 4 halaman

Catatan Unik KTM

1) Brad Binder sukses mencatat waktu lap tercepat perdananya di MotoGP dalam balapan di Brno, yang juga merupakan lap tercepat pertama bagi seorang pembalap KTM. Binder juga menjadi pembalap KTM pertama yang mampu memimpin jalannya balap MotoGP.

2) Kemenangan di MotoGP Ceko, merupakan yang pertama bagi Brad Binder di kelas tertinggi. Ia juga merupakan pembalap Afrika Selatan pertama yang mampu meraih kemenangan di era MotoGP. Ia juga rider non-Eropa pertama yang sukses menang di MotoGP sejak Jack Miller (Australia) di MotoGP Belanda 2016.

3) Sebelum Brad Binder, pembalap Afrika Selatan terakhir yang mampu meraih podium di kelas tertinggi (GP500/MotoGP) adalah Kork Ballington yang finis ketiga di GP Finlandia pada 9 Agustus 1981.

2 dari 4 halaman

Catatan Unik KTM

4) Brad Binder juga merupakan debutan pertama yang mampu meraih kemenangan di MotoGP sejak Marc Marquez di Circuit of The Americas, Austin, Texas, pada 2013 lalu.

5) Kemenangan ini juga membuat Brad Binder menjadi pembalap ke-24 yang pernah merebut kemenangan di MotoGP, kelas balap pengganti GP500 yang mulai digulirkan pada 2002 lalu.

6) Ini juga merupakan kemenangan perdana KTM di MotoGP, sejak turun sebagai tim pabrikan sepenuhnya pada 2017. Pabrikan Austria ini pun menjadi pabrikan non-Jepang dan non-Italia perdana yang mampu meraih kemenangan di GP500/MotoGP sejak Konig yang menang di Seri Yugoslavia pada 1973.

3 dari 4 halaman

Catatan Unik KTM

7) KTM juga menjadi pabrikan ke-17 yang pernah meraih kemenangan di kelas tertinggi. Pabrikan Austria ini juga menjadi pabrikan pertama yang mampu meraih kemenangan setidaknya sekali di Moto3, Moto2, dan MotoGP. Ini juga pertama kalinya sebuah pabrikan meraih kemenangan perdana di kelas tertinggi, sejak Ducati di MotoGP Catalunya 2003.

8) KTM telah meraih kemenangan di lima kelas Grand Prix berbeda, yakni GP125, Moto3, GP250, Moto2, dan MotoGP. Mereka menyamai rekor Yamaha, yang menang di GP125, GP250, GP350, GP500, dan MotoGP. Hanya Honda yang memegang rekor lebih tinggi dengan menang di tujuh kelas, yakni GP50, GP125, Moto3, GP250, GP350, GP500, dan MotoGP.

9) Usai memenangi MotoGP Ceko, KTM mengoleksi 44 poin di klasemen konstruktor MotoGP, yakni jumlah poin terbanyak yang pernah di raih KTM dalam tiga seri pertama sebuah musim balap sejak mereka turun di MotoGP pada 2017.

4 dari 4 halaman

Video: Momen Brad Binder Menangi MotoGP Ceko

KOMENTAR