BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Bakal Bela Yamaha, Andrea Dovizioso Kunjungi Aprilia di Uji Coba Misano

01-09-2021 09:30 | Anindhya Danartikanya

Test rider Aprilia Racing, Andrea Dovizioso (c) Aprilia Racing
Test rider Aprilia Racing, Andrea Dovizioso (c) Aprilia Racing

Bola.net - Di sela uji coba MotoGP yang digelar oleh Aprilia Racing untuk Maverick Vinales di Misano, Italia, Selasa (31/8/2021), ada sosok tak asing yang secara mengejutkan mengunjungi garasi mereka. Sosok itu adalah Andrea Dovizioso, yang sudah menjadi test rider mereka sejak April lalu.

Kedatangan Dovizioso ini cukup unik. Pasalnya, baru-baru ini Managing Director Yamaha Motor Racing, Lin Jarvis, menyatakan bahwa rider berusia 35 tahun itu akan balapan bersama Petronas Yamaha SRT, terhitung sejak MotoGP San Marino, juga di Misano, pada 17-19 September nanti.

Dovizioso diketahui vakum balapan dari MotoGP musim ini, usai perpisahan yang mencengangkan dengan Ducati. Pada April, ia pun digaet oleh Aprilia sebagai test rider, dan sempat menjalani rangkaian uji coba di Jerez, Mugello, Misano, dan Aragon. Namun, kontraknya berakhir pada 1 September.

1 dari 2 halaman

Tadinya Jadi Opsi Utama Sebelum Maverick Vinales Datang

Andrea Dovizioso di atas Aprilia RS-GP dalam uji coba MotoGP Jerez 2021 (c) Aprilia Racing
Andrea Dovizioso di atas Aprilia RS-GP dalam uji coba MotoGP Jerez 2021 (c) Aprilia Racing

Dovizioso tadinya bahkan jadi kandidat kuat tandem Aleix Espargaro untuk MotoGP 2022. Namun, Aprilia mendadak merombak rencananya usai Vinales memilih berpisah dari Monster Energy Yamaha pada akhir musim nanti, yakni setahun lebih awal dari durasi asli kontrak yang disepakati.

Dovizioso juga sempat dijadwalkan menjalani uji coba lagi dengan motor RS-GP di Misano pada 31 Agustus-1 September. Namun, lagi-lagi program Aprilia berubah usai Vinales dan Yamaha berpisah efektif sejak 20 Agustus, menyusul insiden kontroversial di Seri Styria, di mana Top Gun dinilai telah melakukan aksi yang berpotensi merusak mesin YZR-M1.

Alhasil, rencana Dovizioso juga berubah. Via MotoGP.com, Minggu (29/8/2021), Jarvis menegaskan belum ada kontrak yang ditandatangani, namun Yamaha punya rencana matang meletakkan Dovizioso di Petronas Yamaha SRT sejak Seri Misano, menggantikan Franco Morbidelli yang pindah ke Monster Energy Yamaha sebagai pengganti Vinales.

2 dari 2 halaman

Ucapkan Selamat atas Podium Aleix Espargaro

Meski begitu, Dovizioso berpisah secara baik-baik dengan Aprilia. Tiga kali runner up itu memilih berkunjung ke Misano demi bertemu dengan anggota tim uji coba Aprilia yang sudah mendampinginya sejak April lalu. Kini, tim tersebut sudah efektif bekerja dengan Vinales.

"Mengunjungi @misanoworldcircuit untuk berterima kasih kepada orang-orang @aprilia. Selamat atas podium kalian di Silverstone!" tulis Dovizioso lewat Instagram, merujuk pada hasil finis ketiga yang diraih Espargaro akhir pekan lalu, yang juga podium perdana Aprilia di era modern MotoGP.

Tak hanya akan menggantikan Morbidelli sejak Seri Misano, Dovizioso juga diperkirakan akan kembali balapan sepenuhnya di MotoGP 2022. Petronas Yamaha SRT diketahui akan berganti entitas, sponsor, serta kepemilikan tim, dan seluruh programnya akan diumumkan di sela Seri Misano.

Sumber: Instagram/AndreaDovizioso, MotoGP

KOMENTAR