BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Bahu Alex Rins Pulih, Joan Mir Makin Waspada di MotoGP 2021

05-02-2021 10:36 | Anindhya Danartikanya

Joan Mir dan Alex Rins (c) AP Photo Joan Mir dan Alex Rins (c) AP Photo

Bola.net - Pembalap Suzuki Ecstar, Joan Mir, memuji performa kuat Alex Rins sepanjang MotoGP 2020 meski saat itu tandemnya tersebut dirundung cedera bahu. Kini mengingat kondisi fisik Rins sudah membaik, Mir pun sangat yakin ia akan tampil jauh lebih kuat musim ini.

Usai mengalami kecelakaan dalam sesi kualifikasi MotoGP Spanyol 2020, Rins memang mengalami keretakan tulang bahu dan dislokasi. Pada beberapa seri selanjutnya, ia sulit tampil di papan atas. Namun, semua berubah sekalinya ia naik podium di Catalunya.

Pada akhir musim, Rins justru menyabet empat podium, termasuk satu kemenangan. Ia bahkan duduk di peringkat ketiga pada klasemen pembalap, di belakang Mir yang jadi juara dunia dan Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT) yang menduduki peringkat runner up.

1 dari 3 halaman

Kagumi Performa Alex Rins di MotoGP 2020

Joan Mir dan Alex Rins (c) Suzuki Joan Mir dan Alex Rins (c) Suzuki

"Alex akan tampil kuat seperti tahun lalu. Ia mengalami cedera pada awal musim, namun kemudian makin kompetitif. Kami bahkan bertarung satu sama lain di setiap Grand Prix," ungkap Mir, yang juga juara dunia Moto3 2017 ini kepada MotoGP.com pada Kamis (4/2/2021).

Mir juga mengaku takjub pada progres Rins sepanjang musim lalu, yang meski dirundung cedera mampu bangkit dari keterpurukan. Beberapa waktu lalu, Rins menyatakan kondisi fisiknya sudah membaik dan bahunya tak perlu operasi. Mir pun yakin sudah semestinya ia waspada pada Rins..

"Semua orang melakukan kesalahan, dan pasti sulit menjalani semusim penuh tanpa kesalahan. Kecelakaan adalah bagian dari pekerjaan kami, kami harus mengendalikannya sebaik mungkin, dan Alex mampu melakukannya. Ia akan kompetitif tapi takkan lebih, karena ia memang sudah sangat kuat," ujarnya.

2 dari 3 halaman

Bertekad Perbaiki Diri Lebih Jauh

Mir sendiri juga menyadari dirinya harus lebih garang dari musim lalu. Menurutnya, mengulang tujuh podium dan satu kemenangan saja tahun ini takkan cukup membantu dirinya mempertahankan gelar. Ia pun yakin bisa melakukannya dengan kemauan belajar dan dukungan dari tim.

"Saya tertarik pada perbaikan apa pun. Tim kami punya segalanya demi memperbaiki kemampuan. Saya juga punya tandem yang superkuat untuk membandingkan diri. Saya tak sabar menikmati musim ini, meraih hasil lebih baik, dan ingin jadi rider yang lebih baik pula. Jika bisa mengulang gelar, maka saya akan sangat senang," tutupnya.

Mir dan Rins akan kembali turun lintasan dalam uji coba pramusim MotoGP Qatar di Sirkuit Losail pada 6-7 dan 10-12 Maret mendatang, yang bakal dilanjutkan dengan dua seri perdana di trek yang sama pada 26-28 Maret dan 2-4 April.

Sumber: MotoGP

3 dari 3 halaman

Video: Sirkuit Mandalika Siap Sambut MotoGP 2021

KOMENTAR