BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Bahagia Menang Lagi, Maverick Vinales Akui Tetap Puas Jika Finis Kedua

20-09-2020 21:47 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales (c) Twitter/Yamaha MotoGP Pembalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales (c) Twitter/Yamaha MotoGP

Bola.net - Pembalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales, mengaku sangat senang akhirnya bisa meraih kemenangan perdana musim ini dalam MotoGP Emilia Romagna di Sirkuit Misano, Minggu (20/9/2020). Meski begitu, ia tetap angkat topi pada performa Francesco Bagnaia yang gemilang sebelum terjatuh.

Vinales yang start dari pole, memimpin balapan selama lima lap pertama, sebelum disalip oleh Bagnaia di Tikungan 4 pada Lap 6. Rider Pramac Racing itu pun terus menjauh di depan, dan Vinales pun bertekad mempertahankan posisi kedua sampai finis.

Nyatanya, Bagnaia melakukan kesalahan di Tikungan 7 pada Lap 21, dan Vinales sukses meraih kemenangan perdananya sejak MotoGP Malaysia 2019. Dengan ban depan dan belakang medium, ditambah setup baru temuan timnya untuk awal balapan ketika tangki bahan bakarnya penuh, Vinales bisa mempertahankan ritme sampai akhir balapan.

1 dari 3 halaman

Akhirnya Temukan Setup Mumpuni

"Rasanya sangat menakjubkan, dan kami mempersiapkan semuanya dengan baik. Sepanjang balapan, Pecco sangat cepat dan saya sendiri sangat ngotot. Saya bisa menyimpan ban pada lap-lap terakhir, dan saya pikir saya bisa mengejar Pecco. Tapi saat Pecco melakukan kesalahan, saya hanya coba bertahan," ujar Vinales via MotoGP.com.

"Ini balapan yang fantastis, karena akhirnya mentalitas saya tetap sama, tetap fokus pada setup terbaik ketika tangki bahan bakar saya 20 liter (penuh). Saya pun bisa ngotot sejak awal, coba membuka margin. Saya berterima kasih kepada semua orang yang bekerja dengan saya. Kini kami harus tetap bekerja dengan cara yang sama," lanjutnya.

Kepada Fox Sports Asia, meski mengakui kekuatan Bagnaia, Vinales mengaku sangat percaya diri bisa tampil lebih kompetitif ketimbang pekan lalu saat finis keenam. Ia bahkan mengaku akan tetap puas jika Bagnaia tak terjatuh dan dirinya finis kedua, karena hasil itu ia anggap tetap positif bagi dirinya dan Yamaha.

2 dari 3 halaman

Selalu Percaya Diri

"Saya selalu percaya pada diri saya sendiri, karena saya tahu potensi saya, tahu apa yang bisa saya lakukan. Saya memimpin sejak awal, sesuai rencana. Saya pun melebar di Tikungan karena kelewat ngotot membuka margin, karena Pecco sangat cepat. Saya pun coba berkendara dengan halus, dan pada akhirnya saya cepat lagi," tuturnya.

"Saya sangat senang, karena saat Pecco jatuh, saya justru sulit fokus. Kalaupun saya finis kedua, kerja keras kami tetap terbayar karena kami bekerja dengan cara yang tepat dan kini kami harus memahami apa yang baik untuk balapan selanjutnya," pungkas juara dunia Moto3 2013 berusia 25 tahun ini.

Balapan selanjutnya akan digelar di kandang Vinales, yakni MotoGP Catalunya, di Sirkuit Barcelona-Catalunya, Montmelo, Spanyol, pada 25-27 September mendatang.

Sumber: MotoGP/Fox Sports Asia

3 dari 3 halaman

Video: Pembangunan Sirkuit MotoGP Indonesia 2021 di Mandalika

KOMENTAR