Atletik dan Motocross Jadi Latihan Andalan Maverick Vinales

Anindhya Danartikanya | 30 Januari 2019, 14:45
Maverick Vinales (c) Yamaha
Maverick Vinales (c) Yamaha

Bola.net - - Para pebalap MotoGP memiliki metode latihan fisik dan mental yang cukup berbeda-beda. Ada yang fokus berlatih di arena flat track, sekadar berlatih sepeda, atau justru mengendarai motocross. Rider Yamaha Factory Racing, Maverick Vinales punya metode yang cukup tak biasa dibanding para rivalnya.

Selain melatih kekuatan fisik di gym, Vinales kini juga fokus melakukan berbagai latihan atletik. Menurutnya, tipe latihan ini membantu kelenturan tubuhnya, yang nantinya bisa membantunya menghindari cedera serius ketika mengalami kecelakaan. Hal serupa pun dilakoni Marc Marquez, yang kerap terjatuh namun selalu lolos dari cedera serius.

"Biasanya saya berlatih atletik, dan pelatih saya sangat andal dalam hal ini. Saya melakukan backflip dan sebagainya demi tubuh yang lebih lincah. Saya sempat mengalami kecelakaan di Valencia, dan saya jatuh ke depan (frontflip) dari motor, dan ini menyelamatkan saya dari cedera bahu. Jadi saya makin giat berlatih," ujarnya kepada Motorsport Total.

View this post on Instagram

🤸🏻‍♂️

A post shared by Maverick Viñales (@maverick12official) on

1 dari 2 halaman

Motocross Bantu Konsentrasi

Selain metode latihan atletik, juara dunia Moto3 2013 ini juga berlatih motocross. Menurutnya, motocross adalah metode terbaik untuk melatih konsentrasi, meski ia menyadari metode ini cukup berbahaya, mengingat banyak rider mengalami kecelakaan saat melakukannya.

"Beberapa rider melakukannya hanya untuk senang-senang, tapi saya melakukannya untuk berlatih. Motocross memang sangat berbeda dengan MotoGP, tapi Anda harus bekerja lebih keras di atasnya karena setiap lap sangat berbeda disebabkan tanjakan dan garis balap berbeda. Ini membantu saya untuk lebih fokus di atas motor MotoGP," ungkapnya.

View this post on Instagram

MX 🔥

A post shared by Maverick Viñales (@maverick12official) on

2 dari 2 halaman

Kurang Suka Metode Rossi

Vinales bahkan tak terlalu suka berlatih flat track, meski sempat beberapa kali ikut berlatih dengan Valentino Rossi di Motor Ranch. Menurutnya, meski lintasan flat track tak punya tanjakan, ia lebih terbiasa dengan motocross, metode yang sudah ia jalani sejak anak-anak.

"Saya lebih terbiasa dengan motocross, hingga risikonya lebih kecil, meski dari luar memang tampak lebih berbahaya. Dengan motocross saya bisa mengendalikan semuanya, dan jika andal di atas motocross, Anda bisa mengendarai motor MotoGP lebih mudah. Ini membantu saya, karena Anda harus banyak berpikir di MotoGP.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR