BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Aprilia Tak Berkembang, Aleix Espargaro Pertimbangkan Pensiun

30-08-2019 14:55 | Anindhya Danartikanya

Pebalap Aprilia Racing Team Gresini, Aleix Espargaro (c) Aprilia Pebalap Aprilia Racing Team Gresini, Aleix Espargaro (c) Aprilia

Bola.net - Aleix Espargaro mengaku akan mempertimbangkan opsi pensiun dini jika Aprilia Racing tak segera mengambil langkah signifikan dalam mengembangkan motor RS-GP di MotoGP musim depan. Hal ini ia nyatakan kepada Motorsport Total, menjelang uji coba tengah musim di Sirkuit Misano, San Marino pada 29-30 Agustus.

Aprilia, yang telah turun di MotoGP 2015, masih saja belum konsisten bertarung di posisi 10, tersalip oleh Suzuki yang juga baru kembali turun di kejuaraan ini pada tahun yang sama. Bahkan, progres mereka juga tersalip oleh KTM, yang baru turun sebagai tim pabrikan sepenuhnya pada 2017 lalu.

Espargaro sendiri telah membela Aprilia Racing Team Gresini sejak 2017, dan kontraknya akan habis pada akhir 2020. Prestasi terbaiknya adalah tiga kali finis keenam. Rider Spanyol ini pun semakin frustrasi ketika RS-GP mengalami dua kali gagal mesin di Silverstone, Inggris akhir pekan lalu.

1 dari 2 halaman

Aprilia Tak Punya Rencana Nyata

Aleix Espargaro (c) Aprilia Racing Aleix Espargaro (c) Aprilia Racing

"Saat ini kami tak punya rencana konkret soal arah mana yang harus dituju. Kami butuh revolusi. Tapi ke arah mana? Apa yang harus kami ubah? Saya akan tunggu perkembangan situasi ini. Tahun 2020 akan jadi momen penting bagi Aprilia. Kami harus bereaksi. Saya akan tunggu motor barunya," ujar rider 30 tahun ini.

Meski begitu, kakak Pol Espargaro ini menyatakan bahwa, jika RS-GP 2020 nanti tak bisa lebih baik dari versi 2019, maka ia takkan mau melanjutkan kerja sama dengan Aprilia. Di lain sisi, ia juga ingin menghabiskan waktu dengan keluarga kecilnya, yang telah dikaruniai anak kembar, Max dan Mia Espargaro.

"Saya tak 100% yakin akan terus balapan. Anda takkan pernah bisa yakin. Saya punya keluarga hebat, dan saya ingin menghabiskan waktu dengan mereka. Jika ada paket di MotoGP yang bisa membuat saya kompetitif dan dapat peran penting, jelas saya akan melanjutkan karier, karena saya mencintai olahraga ini," ungkapnya.

2 dari 2 halaman

Jadwal Padat di Uji Coba

Espargaro pun mengaku punya jadwal padat dalam uji coba Misano kali ini. Selain harus mencari setup ideal untuk pekan balap di tempat yang sama pada 13-15 September mendatang, ia juga harus menjajal berbagai perangkat untuk pengembangan RS-GP versi 2020.

"Ada beberapa hal yang harus dicoba. Saya mau coba swingarm yang saya pakai di uji coba Brno. Saya ingin mengubah sasisnya. Saya harap kami dapat paket elektronik baru. Ada Ide untuk mesin 2020, dan kami butuh uji coba kali ini untuk menjajal motor 2020 dan pekan balap nanti, yang pasti bakal menyibukkan," pungkasnya.

Saat ini, Espargaro berada di peringkat 14 pada klasemen pebalap MotoGP dengan koleksi 33 poin, unggul enam poin dari sang tandem, Andrea Iannone di peringkat 16.

Sumber: Motorsport Total

KOMENTAR