BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Aprilia Racing Team Gresini Luncurkan Skuad MotoGP 2020 di Qatar

22-02-2020 10:45 | Anindhya Danartikanya

Andrea Iannone, Bradley Smith, dan Aleix Espargaro (c) Aprilia Racing Andrea Iannone, Bradley Smith, dan Aleix Espargaro (c) Aprilia Racing

Bola.net - Aprilia Racing Team Gresini menjadi tim ke-10 sekaligus pabrikan keenam yang meluncurkan skuad balap mereka untuk MotoGP 2020. Acara peluncuran tim ini pun digelar di Sirkuit Losail, Qatar, pada Jumat (21/2/2020), sehari sebelum uji coba pramusim yang kedua diselenggarakan.

Ini adalah tahun keenam Aprilia Racing turun sepenuhnya di MotoGP, dan musim ini pun menjadi musim yang penting bagi mereka karena pabrikan asal Noale, Italia ini menurunkan mesin RS-GP yang benar-benar baru. Mereka resmi meninggalkan konsep mesin mesin 75° V4 menuju 90° V4.

Konsep mesin 90° V4 selama ini telah dipakai oleh Ducati, Honda, dan KTM, sementara Yamaha dan Suzuki memakai konsep in-line 4. Konsep mesin ini pun dikenal dengan keunggulan pada tenaga mesinnya, dan telah mendapat komentar positif dari rider-rider Aprilia.

1 dari 2 halaman

Corak Tak Banyak Berubah

Aprilia RS-GP 2020 (c) Aprilia Racing Aprilia RS-GP 2020 (c) Aprilia Racing

Soal livery atau corak RS-GP 2020, tak terlalu banyak perubahan dibanding tahun lalu. Motor tersebut masih didominasi warna hitam, dan terdapat guratan merah, putih, hijau, sesuai bendera Italia di beberapa sisi. Meski begitu, sayap aerodinamika mereka kini dihiasi tulisan 'Aprilia' berukuran besar dengan warna kuning.

Acara peluncuran tim ini tak hanya dihadiri kedua rider mereka, Aleix Espargaro dan Andrea Iannone, tapi juga test rider, Bradley Smith; CEO Aprilia Racing, Massimo Rivola; Manajer Teknis Aprilia Racing, Romano Albesiano, dan Manajer Aprilia Racing Team Gresini, Fausto Gresini.

Meski Iannone hadir dalam acara ini, ia belum dipastikan ikut uji coba dan seri pembuka di Qatar, mengingat kasus dugaan penggunaan doping yang melanda sejak Desember lalu belum usai hingga kini dan masih menunggu keputusan hakim Pengadilan Disiplin Internasional (CDI).

Berikut pernyataan resmi Massimo Rivola.

2 dari 2 halaman

Pernyataan Resmi Massimo Rivola

"Ini telah jadi musim dingin terpanjang bagi Aprilia Racing dalam beberapa tahun terakhir. Semua orang di departemen balap kami telah mengerahkan usaha keras. Tiba di Sepang dengan dua prototipe sudah jadi kemenangan kecil bagi kami.

"Pada uji coba pertama itu, RS-GP terbaru menunjukkan tanda-tanda baik, jadi kami harus bangkit dari sana untuk membangun musim baru yang baik. Saya sudah pernah bilang, dan akan saya konfirmasi lagi: kami tak bisa mengharapkan jalan yang mulus.

"Tampaknya kami akan menjalani awal musim yang sulit dengan motor yang masih sangat baru, tapi saya yakin bahwa pada pertengahan musim nanti, kami bisa melihat nilai asli dari kerja keras kami di Noale.

"Semoga Andrea bisa segera kembali bergabung dengan kami dan melengkapi, bersama Aleix dan Bradley, tiga pebalap kami."

KOMENTAR