Aprilia Meroket, Aleix Espargaro Peringatkan untuk Tetap Membumi

Anindhya Danartikanya | 15 Maret 2021, 16:38
Aprilia Meroket, Aleix Espargaro Peringatkan untuk Tetap Membumi
Pembalap Aprilia Racing Team Gresini, Aleix Espargaro (c) Aprilia Racing

Bola.net - Untuk pertama kalinya sejak Aprilia Racing kembali berlaga di MotoGP 2015, Aleix Espargaro merasa mantap atas performa RS-GP. Dalam uji coba pramusim di Sirkuit Losail, Qatar, 6-12 Maret, Espargaro terus menunjukkan ledakan performa, terbukti dari posisi keenam yang ia tempati dalam daftar kombinasi catatan waktu.

Espargaro membuat penghuni paddock menoleh usai mencatat waktu tercepat pada hari pertama uji coba. Pada hari kedua, rider Spanyol ini pun menduduki posisi ketiga, dan kemudian duduk di posisi keenam dan kelima pada dua hari berikutnya. Sayang, Espargaro tak bisa turun lintasan pada hari kelima akibat badai pasir.

Meski begitu, sejak hari pertama, Espargaro sudah berani menyatakan bahwa RS-GP terbaru kini punya performa yang jauh lebih stabil, dan lebih lincah di tikungan. Ia tak memungkiri bahwa top speed motor ini masih tertinggal dari Ducati, namun menurutnya ini bukanlah masalah paling genting.

1 dari 3 halaman

Terhalang Kecelakaan dan Badai Pasir

Satu-satunya hal yang membuat Espargaro kecewa adalah ia tak bisa melanjutkan simulasi balap. Pada Kamis (11/3/2021), ia sempat menjalankan program ini, namun mengalami kecelakaan. Walau kecelakaan itu cukup ringan, beberapa perangkat terbaru pada motornya mengalami kerusakan parah.

Ia dan tim sempat ingin mengulang simulasi pada Jumat, namun badai pasir menghalangi. "Sayang kami tak bisa menjalani lap pada hari terakhir, dan saya kecewa soal kecelakaan di tengah simulasi balap. Namun, saya tetap puas. Uji coba kali ini mengonfirmasi kinerja baik kami pada musim dingin," ujarnya via rilis resmi tim.

Kecelakaan dan badai pasir juga disebut Espargaro menghalangi timnya menjajal beberapa perangkat baru lain. Kini ia pun hanya bisa pasrah dan berharap level performanya yang fantastis di uji coba kali ini bisa terulang kembali dalam pekan balap di Losail pada 26-28 Maret dan 2-4 April nanti.

2 dari 3 halaman

Kian Percaya Diri, Tapi Juga Harus Merendah

"RS-GP 2021 telah mengalami kemajuan. Kami konsisten cepat meski level performa dalam kejuaraan ini juga sangat tinggi. Sayang, kami tak bisa menjajal semua perangkat, hingga hanya dalam balapan lah kami akan benar-benar tahu level kami," ungkap kakak kandung Pol Espargaro ini.

Meski sangat senang atas lonjakan performa RS-GP, Espargaro memperingatkan Aprilia untuk tetap merendah dan tak terlena dalam mematok target. "Target? Kami harus tetap menapakkan kaki ke bumi, namun kami tak memungkiri bahwa kami akhirnya bisa bertarung di posisi terdepan," pungkasnya.

Sumber: Aprilia Racing Team Gresini

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR