BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Aprilia Merasa Terhormat Bisa Kerja Bareng Andrea Dovizioso

27-07-2021 09:40 | Anindhya Danartikanya

Test rider Aprilia Racing, Andrea Dovizioso (c) Aprilia Racing
Test rider Aprilia Racing, Andrea Dovizioso (c) Aprilia Racing

Bola.net - Manajer Teknis Aprilia Racing, Romano Albesiano, mengaku pihaknya merasa sangat terhormat dan senang bisa bekerja sama dengan Andrea Dovizioso sebagai test rider di MotoGP 2021. Kepada MotoGP.com, Senin (26/7/2021), Albesiano menyebut Dovizioso banyak membantu pengembangan RS-GP.

Dovizioso diketahui sempat menolak menjadi test rider dan pembalap reguler Aprilia tahun lalu, usai memutuskan hengkang dari Ducati. Namun, pada April, ia menjalani uji coba bareng Aprilia di Jerez, dan tak lama kemudian diumumkan sebagai test rider. Kini, ia sudah mengantongi dua uji coba lanjutan, yakni di Mugello dan Misano.

Albesiano pun takjub Dovizioso sangat paham kinerja para insinyur dalam merakit mesin, dan pengalamannya ini tentu sangat membantu pengembangan RS-GP. Albesiano menyatakan data yang dikumpulkan Dovizioso sangatlah berharga, apalagi tiga kali runner up itu sangat detail dalam menjelaskan sensasi yang ia rasakan di atas motor.

1 dari 3 halaman

Sebut Andrea Dovizioso Rider Cerdas

Andrea Dovizioso di atas Aprilia RS-GP dalam uji coba MotoGP Jerez 2021 (c) Aprilia Racing
Andrea Dovizioso di atas Aprilia RS-GP dalam uji coba MotoGP Jerez 2021 (c) Aprilia Racing

"Uji coba bersama Dovi merupakan pengalaman yang sangat positif. Dovi adalah pembalap yang sangat cerdas. Ia sangat memahami cara kerja mesin, tapi pada saat yang sama ia tak mau terlalu memikirkan bagaimana mesin kami bekerja," ungkap Albesiano.

"Ia menjelaskan sensasinya dengan sangat jelas dan pengalamannya sangat membantu kami dalam tiga uji coba. Terutama pada uji coba terakhir, ia memberi kami banyak informasi yang sangat penting. Sungguh sebuah kehormatan bisa bekerja dengannya karena ia sangat membantu kami," lanjutnya.

Dovizioso pun dijadwalkan akan menjalani tiga uji coba lanjutan musim ini, yakni uji coba di MotorLand Aragon pada 27-28 Juli, disusul dengan dua uji coba berikutnya di Misano pada 5-6 dan 31 Agustus.

2 dari 3 halaman

Maverick Vinales Ubah Rencana Andrea Dovizioso?

Aprilia sendiri sangat santer dikabarkan sudah tanda tangan kontrak dengan Maverick Vinales untuk MotoGP 2022, walau sebelumnya Dovizioso menjadi kandidat kuat tandem Aleix Espargaro tahun depan. Namun, gosip soal Vinales pun diakui Dovizioso membuat rencananya berubah, meski dirinya menolak disebut pensiun.

Dovizioso bahkan mengaku tersanjung para penggemar MotoGP masih kerap mendorongnya untuk kembali balapan penuh tahun depan. "Saya tak suka kata 'pensiun', karena saya tak merasa sudah pensiun. Bahkan, saya masih terus latihan untuk menjaga kebugaran," tuturnya lewat Corriere Romagna, Jumat (16/7/2021).

"Usai setahun tak balapan, lalu melihat orang-orang ingin melihat saya lagi, tentu saya sangat senang. Sebagai rider profesional, jika punya Anda punya situasi yang Anda yakini, Anda harus mencoba. Jadi kita lihat saja nanti," pungkas pembalap berusia 35 tahun ini.

Sumber: MotoGP, Corriere Romagna

3 dari 3 halaman

Video: Formula 1 Rilis Desain Mobil Terbaru untuk Musim 2022

KOMENTAR