BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Aprilia: Maverick Vinales Seolah Sudah Kenal RS-GP Sejak Lama

01-09-2021 08:38 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Aprilia Racing, Maverick Vinales (c) Aprilia Racing
Pembalap Aprilia Racing, Maverick Vinales (c) Aprilia Racing

Bola.net - Manajer Teknis Aprilia Racing, Romano Albesiano, mengaku sangat puas atas jalannya hari pertama uji coba MotoGP dengan Maverick Vinales di Misano World Circuit Marco Simoncelli, Italia, pada Selasa (31/8/2021). Hal ini ia sampaikan lewat MotoGP.com usai sesi berakhir.

Vinales memang sudah berpisah dari Yamaha efektif sejak 20 Agustus lalu akibat insiden kontroversial di Seri Styria, di mana Vinales dinilai melakukan aksi tak lazim yang berpotensi merusak mesin YZR-M1. Yamaha uniknya mengizinkan Top Gun membela Aprilia di sisa musim ini.

Vinales pun absen dari Seri Silverstone, Inggris, akhir pekan lalu, diminta Aprilia fokus mempersiapkan diri jelang uji coba di atas motor RS-GP selama dua hari di Misano. Albesiano mengaku hari pertama berjalan sangat lancar, dan uji coba akan berlanjut pada Rabu (1/9/2021).

1 dari 2 halaman

Ingin Jajal Konfigurasi Motor Aleix Espargaro

Albesiano pun menyatakan bahwa Vinales baru fokus menyesuaikan diri dengan RS-GP, mengingat ini pertama kali baginya menjajal mesin V4 di MotoGP. Pria asal Italia itu menyebut Vinales langsung merasa nyaman, seolah-olah sudah mengenal motor itu sejak lama.

"Hari pertama berjalan positif. Pada kontak pertama, ia tak menemukan masalah besar atau tak merasa nyaman. Kami hanya coba menemukan penyesuaian yang baik, misalnya seperti pada suspensi atau ban. Sesi ini berjalan normal, seolah ia sudah mengendarai motor ini sejak lama. Jadi, uji coba ini sangat positif," tuturnya.

Lewat Sky Sport, Albesiano juga menyebut Vinales ingin menjajal konfigurasi motor milik Aleix Espargaro, yang sukses mempersembahkan podium perdana bagi Aprilia di era modern MotoGP usai finis ketiga di Silverstone. Uniknya, Vinales tak perlu mengubah terlalu banyak hal demi merasa nyaman di atas motor itu.

2 dari 2 halaman

Cetak Ritme 1 Menit 33 Detik

Pembalap Aprilia Racing, Maverick Vinales (c) MotoGP.com
Pembalap Aprilia Racing, Maverick Vinales (c) MotoGP.com

"Kami tak bisa berharap lebih baik dari ini. Keseimbangannya jelas sangat positif. Maverick ingin memulai uji coba dengan motor yang konfigurasinya sama persis dengan Aleix, tanpa modifikasi. Tak ada masalah dan ia tak butuh mengubah banyak detail. Maverick mampu mencetak waktu yang baik," ujar Albesiano.

Aprilia tak merilis catatan resmi Vinales, namun lewat Instagram, rider Spanyol itu menyatakan catatan waktunya berkisar pada 1 menit 33 detik. Ritme ini cukup mirip dengan ritme balap rata-rata pada 2020, meski jauh dari lap rekor trek, 1 menit 31,077 detik, yang uniknya juga dicetak Vinales sendiri tahun lalu saat merebut pole di Seri Emilia Romagna.

Vinales diperkirakan akan kembali balapan pada sisa musim ini, mulai Seri Aragon, 10-12 September, meski takkan langsung mengambil alih posisi Lorenzo Savadori di Aprilia Racing Team Gresini. Rider berusia 26 tahun itu diprediksi akan turun dengan fasilitas wildcard. Sebagai pabrikan berkonsesi, Aprilia punya enam jatah wildcard dan sejauh ini sama sekali belum dipakai.

Sumber: MotoGP, Sky Sport

KOMENTAR