BERITA TIMNAS JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Aprilia: Maverick Vinales Pilih Absen Saat Sudah Tiba di Houston

30-09-2021 15:53 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Aprilia Racing Team Gresini, Maverick Vinales (c) Aprilia Racing
Pembalap Aprilia Racing Team Gresini, Maverick Vinales (c) Aprilia Racing

Bola.net - CEO Aprilia Racing, Massimo Rivola, menyatakan keputusan Maverick Vinales untuk absen dari MotoGP Austin di Circuit of The Americas (COTA), Texas, pada 1-3 Oktober, diambil secara mendadak. Bahkan keputusan itu diambil saat Top Gun sudah tiba di Houston. Demikian yang dilansir Corsedimoto, Kamis (30/9/2021).

Seperti yang diketahui, sepupu Maverick, Dean Berta Vinales, meninggal dunia pada Sabtu (25/9/2021) lalu. Dean Berta, yang juga merupakan sepupu dari rider WorldSBK Isaac Vinales, terlibat dalam kecelakaan di Tikungan 2 pada Lap 11 balapan pertama (Race 1) WorldSSP300 Jerez, Spanyol, Sabtu (25/9/2021).

Beberapa jam setelahnya, WorldSBK.com menyatakan bahwa Dean Berta mengalami cedera yang sangat parah pada area kepala dan dada. Meski sudah mendapatkan pertolongan terbaik dari staf medis, Medical Center mengumumkan bahwa nyawa Dean Berta tak terselamatkan. Ia pun meninggal dalam usia 15 tahun.

1 dari 2 halaman

Aprilia Beri Kebebasan Memilih

Pembalap Vinales Racing Team, Dean Berta Vinales (c) WorldSBK.com
Pembalap Vinales Racing Team, Dean Berta Vinales (c) WorldSBK.com

Pada Kamis (30/9/2021) dini hari WIB, Aprilia resmi mengumumkan Maverick memilih absen dari MotoGP Austin karena masih berduka. Rivola menyebut keputusan itu diambil rider 26 tahun tersebut saat sudah tiba di Houston. "Aku merasa tak bisa melakukannya, aku takkan balapan akhir pekan ini," ujar Maverick pada Rivola.

"Saya sudah menduganya selama beberapa waktu. Kami telah membicarakannya dalam beberapa hari ini. Tapi ia ragu. Ia sudah berusaha, namun ia tak bisa melakukannya. Usai apa yang terjadi, kami pun memberinya kebebasan memilih," kisah Rivola, yang juga eks Sporting Director Scuderia Ferrari di Formula 1.

"Saya bilang padanya, 'Aku takkan pernah memaksamu, ambilah keputusan berdasar kata hatimu'. Saya yakin bahwa di Aprilia, kami adalah keluarga. Kami pun akan berusaha membuatnya merasa begitu, juga pada masa-masa berat ini," lanjut pria asal Italia tersebut.

2 dari 2 halaman

Lebih Baik Bersama Keluarga di Rumah

Pembalap Aprilia Racing, Maverick Vinales (c) Aprilia Racing
Pembalap Aprilia Racing, Maverick Vinales (c) Aprilia Racing

Rivola juga menyatakan, dirinya bakal tetap mencemaskan kondisi emosional Maverick andai juara dunia Moto3 2013 itu tetap memilih balapan di Austin. Ia yakin bahwa situasi terbaik bagi pembalapnya tersebut adalah tetap tinggal di Spanyol bersama keluarganya sampai merasa tenang.

"Kalaupun ia memutuskan balapan, saya akan tetap menatap matanya sebelum ia pergi ke lintasan. Kini ia hanya butuh ketenangan, berada di sisi keluarganya, dan si kecil Nina bisa membantunya. Dari sekarang sampai Misano 2 nanti, ia punya waktu untuk reset, dan kembali lebih kuat dari sebelumnya," pungkasnya.

Rivola juga menegaskan bahwa Aprilia hanya akan menurunkan Aleix Espargaro akhir pekan ini. Sang test rider, Lorenzo Savadori, belum bisa diturunkan dalam balapan, mengingat masih memulihkan cedera engkel akibat kecelakaan hebat yang ia alami bersama Dani Pedrosa di MotoGP Austria pada Agustus lalu.

Sumber: Corsedimoto

KOMENTAR