BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Aprilia Kecewa Cal Crutchlow Batal Jadi Pengganti Andrea Iannone di MotoGP 2021

13-04-2021 13:43 | Anindhya Danartikanya

Test rider Yamaha, Cal Crutchlow (c) MotoGP.com Test rider Yamaha, Cal Crutchlow (c) MotoGP.com

Bola.net - CEO Aprilia Racing, Massimo Rivola, mengaku pihaknya sempat sangat kecewa gagal menggaet Cal Crutchlow sebagai pengganti Andrea Iannone di MotoGP 2021. Kepada GPOne, Jumat (2/4/2021), Rivola menyatakan bahwa pembicaraan di antara kedua belah pihak sempat terjadi senyata-nyatanya.

Pada Juni 2020, Crutchlow dipastikan takkan membela LCR Honda pada 2021, demi memberi jalan kepada Alex Marquez, yang uniknya juga terdepak dari Repsol Honda demi memberi ruang untuk Pol Espargaro. Crutchlow pun segera melakukan pembicaraan dengan Aprilia, yang kala itu dipusingkan kasus doping Iannone.

Sialnya, sidang Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS) soal kasus The Maniac harus ditunda cukup lama akibat Covid-19. Pada November 2020, barulah Iannone dipastikan dapat larangan balap selama empat tahun. Aprilia merasa Crutchlow bisa jadi pengganti yang tepat, namun rider Inggris itu sudah ambil keputusan lain.

1 dari 3 halaman

Momen yang Tidak Tepat

Test rider Yamaha, Cal Crutchlow (c) Yamaha MotoGP Test rider Yamaha, Cal Crutchlow (c) Yamaha MotoGP

Crutchlow ternyata tak bisa menunggu keputusan Aprilia, dan memutuskan untuk pensiun saja karena lebih ingin menghabiskan banyak waktu dengan keluarga. Di lain sisi, rider 35 tahun itu juga tak mau benar-benar meninggalkan paddock MotoGP, jadi ia menerima tawaran untuk menjadi test rider terbaru Yamaha.

Rivola pun mengisahkan bagaimana pihaknya bisa sampai luput menggaet Crutchlow. "Ceritanya sederhana saja. Cal meminta untuk balapan dengan kami, kami pun bilang padanya bahwa kami tertarik, namun kami harus lebih dulu melihat apa yang terjadi pada Andrea," ungkap eks Sporting Director Scuderia Ferrari di Formula 1 ini.

"Beberapa bulan kemudian, pada suatu Minggu, ia bilang pada kami bahwa ia sudah tanda tangan dengan Yamaha. Keesokannya, pengumuman sanksi Andrea dirilis. Momennya memang sungguh tak tepat. Tapi saya rasa pada akhirnya Cal telah memilih hal terbaik dalam hidupnya," lanjut pria Italia ini.

2 dari 3 halaman

Pengembangan Motor Dipuji Cal Crutchlow

Pembalap Aprilia Racing Team Gresini, Aleix Espargaro (c) Aprilia Racing Pembalap Aprilia Racing Team Gresini, Aleix Espargaro (c) Aprilia Racing

Rivola mengaku dapat memaklumi keputusan Crutchlow untuk pensiun. Namun, dalam uji coba pramusim di Qatar pada 12-16 Maret lalu, ia sempat bertemu Crutchlow, dan juara World Supersport 2009 itu mengaku kagum pada pengembangan motor RS-GP, yang kini terbukti makin kompetitif di tangan Aleix Espargaro.

"Cal bisa menghabiskan lebih banyak waktu dengan keluarganya. Beberapa hari lalu saya bertemu dengannya di paddock dan ia bilang motor kami telah mengalami kemajuan besar. Saya rasanya ingin meledeknya! Memang bakal menyenangkan melihatnya di atas motor kami, namun beginilah kehidupan," tutup Rivola.

Saat ini, Aprilia tengah menjalani uji coba tertutup bersama Andrea Dovizioso di Sirkuit Jerez, Spanyol, pada 12-14 April, di mana Crutchlow juga sedang bertugas menjalani uji coba untuk Yamaha.

Sumber: GPOne

3 dari 3 halaman

Video: Kebakaran Besar di Sirkuit MotoGP Argentina

KOMENTAR