BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Aprilia Jauh Beda dari Ducati, Andrea Dovizioso Santai Saja Jajal RS-GP

14-04-2021 13:19 | Anindhya Danartikanya

Andrea Dovizioso di atas Aprilia RS-GP dalam uji coba MotoGP Jerez 2021 (c) MotoGP Andrea Dovizioso di atas Aprilia RS-GP dalam uji coba MotoGP Jerez 2021 (c) MotoGP

Bola.net - Andrea Dovizioso dikabarkan tak ngotot dalam menjalani uji coba bareng Aprilia Racing di Sirkuit Jerez, Spanyol, pada 12-14 April. Sang manajer pribadi, Simone Battistella, kepada La Gazzetta dello Sport, Selasa (13/4/2021), menyatakan bahwa uji coba ini dipakai 'Dovi' untuk mengembalikan refleksnya dalam berkendara.

Pasalnya, Dovizioso sudah lima bulan tak mengendarai motor MotoGP dan tak mengunjungi sirkuit-sirkuit besar, mengingat belakangan ini ia hanya mengendarai motocross di ajang-ajang nasional Italia. Alhasil, Dovizioso santai saja dalam menjalani lap-lap bersama motor RS-GP.

Corsedimoto pun mengabarkan bahwa sebelum uji coba ini digelar, Dovizioso sudah mengunjungi markas Aprilia yang ada di Noale, Italia, untuk menyesuaikan ergonomi motor, termasuk tempat duduk, stang, dan footpeg. Pasalnya, RS-GP terbiasa dikendarai rider bertubuh tinggi, seperti Aleix Espargaro (180 cm).

1 dari 3 halaman

Uji Coba Bareng Test Rider Pabrikan Lain

Andrea Dovizioso di atas Aprilia RS-GP dalam uji coba MotoGP Jerez 2021 (c) MotoGP Andrea Dovizioso di atas Aprilia RS-GP dalam uji coba MotoGP Jerez 2021 (c) MotoGP

Uji coba ini sudah diumumkan Aprilia pada pertengahan Maret lalu, dan cukup bikin gempar paddock MotoGP. Pasalnya, Dovizioso sudah sempat menolak tawaran Aprilia pada September 2020, baik sebagai test rider maupun pembalap reguler, dan justru memutuskan vakum dari MotoGP dan banting setir ke motocross.

Dovizioso pun berkendara dengan test rider MotoGP lainnya seperti Stefan Bradl (Honda), Cal Crutchlow (Yamaha), Dani Pedrosa, Mika Kallio (KTM), serta para pembalap MotoE yang juga tengah menjalani uji coba pramusim sebelum seri perdana digelar di trek yang sama pada 30 April-2 Mei nanti.

Karena uji coba ini sifatnya tertutup, maka tak ada catatan waktu resmi yang dirilis. Namun, dengan ban lama, catatan waktu terbaik Dovizioso kabarnya mencapai 1 menit 39,5 detik. Sebagai perbandingan, rekor lap balapan di Jerez dipegang oleh Marc Marquez dengan 1 menit 38,051 detik (2019).

2 dari 3 halaman

Jauh Beda dengan Ducati

Namun, tentu catatan ini tak bisa dianggap terlalu serius karena Dovizioso sudah lama tak naik motor MotoGP dan ini momen perdananya di atas RS-GP. Battistella pun mengakui Dovizioso memang butuh waktu untuk adaptasi, apalagi Aprilia sangat berbeda dengan Ducati, pabrikan yang pernah dibela Dovizioso selama delapan tahun.

"Aprilia sangatlah berbeda dari motor yang ia kendarai sampai November tahun lalu. Usai lima bulan tanpa mengendarai motor MotoGP, ini adalah saatnya ia menemukan kembali refleksnya. Andrea juga tak pernah ngotot. Ia hanya menjalani lusinan 'run' dengan masing-masing 4-5 lap," tutur Battistella.

Dovizioso dikabarkan akan menjalani uji coba lagi di Mugello, Italia, pada Mei, namun Aprilia memilih bungkam. Rumor lain menyatakan, jika seluruh uji coba berjalan lancar, maka rider berusia 35 tahun itu diperkirakan akan kembali berlaga di MotoGP pada pertengahan musim nanti.

Sumber: La Gazzetta dello Sport, Corsedimoto

3 dari 3 halaman

Video: 5 Pembalap Hebat WorldSBK yang Tak Sukses di MotoGP

KOMENTAR