BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Anggota VR46 Makin Sangar, Luca Marini Berdoa Valentino Rossi Tak Tutup Akademi

09-03-2021 11:33 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Esponsorama Racing-Sky Racing VR46, Luca Marini (c) Twitter/Sky Racing VR46 Pembalap Esponsorama Racing-Sky Racing VR46, Luca Marini (c) Twitter/Sky Racing VR46

Bola.net - Melihat anak-anak didiknya semakin garang di pentas dunia, Valentino Rossi sempat menyatakan tampaknya ia telah 'beternak ular' di rumahnya sendiri. Namun, melihat kenyataan ini, rider Esponsorama Racing, Luca Marini sangat berharap kakaknya itu hanya bergurau dan tak berniat menutup VR46 Riders Academy.

Kini, nyaris seluruh anggota atau mantan anggota VR46 punya nama besar, baik di MotoGP, Moto2, maupun Moto3. Franco Morbidelli adalah bukti pertama bahwa akademi ini memang memberi bantuan besar kepada para rider muda Italia, mengingat ia sukses jadi rider VR46 perdana yang meraih gelar dan naik ke MotoGP.

Kesuksesan Morbidelli menjuarai Moto2 2017 diikuti Pecco Bagnaia setahun setelahnya. Tahun lalu, Marini nyaris jadi juara, namun runner up tentunya prestasi yang cukup membanggakan. Kini, dari seluruh anggota VR46 yang ada, hanya Stefano Manzi yang belum mengecap kemenangan. Tentu ini tanda program Rossi berjalan baik.

1 dari 3 halaman

Merasa Biasa Saja Kalahkan Catatan Waktu Kakak

Valentino Rossi dan VR46 Riders Academy (c) VR46 Riders Academy Valentino Rossi dan VR46 Riders Academy (c) VR46 Riders Academy

Namun, Marini lah yang kini paling disorot. Pasalnya, ia merupakan adik Rossi sendiri dan tengah menjalani debut di MotoGP. Pada hari kedua uji coba pramusim di Qatar, Marini yang duduk di posisi 18 bahkan mencatat waktu lebih cepat dari kakaknya. Tak hanya itu, Rossi juga tertinggal dari Morbidelli dan Bagnaia.

Marini pun berharap Rossi tak sakit hati dan kemudian bertekad mengakhiri VR46 Riders Academy. "Saya harap agar ia tak menutup akademi! Menurut saya, Vale hanya sibuk menjajal banyak perangkat. Sepertinya Yamaha memberinya banyak materi baru dan uji coba ini terkesan penting," tutur Marini via GPOne, Minggu (7/3/2021).

Pembalap 23 tahun ini juga tak terlalu ambil pusing mengalahkan catatan waktu Rossi karena ia sendiri hanya fokus belajar. "Musim balap segera dimulai, dan saya hanya punya tiga hari tersisa untuk uji coba. Jika Anda seorang debutan seperti saya, Anda pasti hanya memikirkan soal motor dan cara berkendara," tuturnya.

2 dari 3 halaman

Belum Jumpa Valentino Rossi di Lintasan

Uniknya, selama dua hari uji coba, Marini dan Rossi belum sekalipun berjumpa di lintasan. Alhasil, Marini belum memetik pelajaran apa pun dari sang sembilan kali juara dunia. Namun, rider Italia ini mengaku akan mengajak beberapa rider Ducati lainnya untuk berkendara bersama dalam lanjutan uji coba pada 10-12 Maret nanti.

"Sayangnya, saya tak bisa membuntuti siapa pun hari ini. Tiap kali masuk lintasan, saya sendirian. Tapi saya memang hanya ingin berkendara, coba cari kepercayaan diri, lalu membaca data untuk melihat mana yang salah. Berkendara sendirian sebenarnya juga bermanfaat berdasarkan sudut pandang tertentu," ungkapnya.

"Tapi membuntuti rider Ducati lainnya bisa bikin semua lebih mudah. Jadi, saya akan mengajak beberapa rider untuk menjalani beberapa lap bersama selama beberapa hari. Ini juga penting dalam balapan nanti, hingga Anda jadi bisa memahami titik pengereman, karena saat ada dalam slipstream, Anda harus hati-hati," pungkas Marini.

Sumber: GPOne

3 dari 3 halaman

Video: Gaya Rambut Valentino Rossi dari Masa ke Masa

KOMENTAR