BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Andrea Dovizioso Tolak Jadi Rider Pengganti di Aprilia, Nantikan Uji Coba Mugello

15-04-2021 09:37 | Anindhya Danartikanya

Andrea Dovizioso di atas Aprilia RS-GP dalam uji coba MotoGP Jerez 2021 (c) Aprilia Racing Andrea Dovizioso di atas Aprilia RS-GP dalam uji coba MotoGP Jerez 2021 (c) Aprilia Racing

Bola.net - Meski tak memungkiri keinginannya kembali berlaga di MotoGP, Andrea Dovizioso tegas tak mau balapan tahun ini jika statusnya hanyalah rider pengganti bagi pembalap yang cedera. Hal ini ia sampaikan kepada Motomatters pada Rabu (14/4/2021), usai ia menjalani hari ketiga uji coba tertutup bersama Aprilia Racing di Jerez, Spanyol.

Saat diumumkan pada Maret lalu, uji coba ini memang cukup mengherankan. Pasalnya, Pasalnya, pada September 2020, Dovizioso sudah menolak tawaran Aprilia untuk musim 2021, baik sebagai pembalap reguler maupun sebagai test rider. Rider asal Italia ini bahkan memilih vakum dari MotoGP dan fokus pada ajang motocross.

Namun, tampaknya ia berubah pikiran usai melihat RS-GP kompetitif di tangan Aleix Espargaro selama uji coba pramusim di Qatar. Selain itu, Aprilia juga menjanjikannya sesi uji coba tanpa kontrak ataupun komitmen yang mengikat, dan menyebut bahwa uji coba ini hanya digelar murni untuk mendapatkan umpan balik dari Dovizioso.

1 dari 3 halaman

Hanya Balapan Jika Proyeknya Fokus pada Dovizioso

Sebelum uji coba ini digelar, beredar rumor 'Dovi' akan kembali balapan di MotoGP pertengahan musim ini, menggantikan Lorenzo Savadori, yang saat ini juga masih cedera bahu. Namun, Dovizioso menegaskan tak mau jadi rider pengganti. Tiga kali runner up ini mengaku hanya akan balapan jika proyeknya tepat dan fokus padanya.

"Biasanya, apa pun yang saya lakukan, saya ingin melakukannya dengan cara yang jelas dan baik. Jadi, saya tak mau melakukan hal macam itu (menggantikan rider cedera). Saya tak menerima beberapa opsi tahun lalu atas alasan itu, karena itu memang bukan target saya," ungkap rider berusia 35 tahun ini.

"Jadi, untuk saat ini, saya benar-benar terbuka, karena saya menjalani hidup tahun ini dengan cara ini. Saya menikmati hidup saya dengan hal-hal berbeda, dan saya masih fokus untuk coba melihat masa depan saya. Saya benar-benar berpikir terbuka, namun saat ini, yang kami punya hanyalah opsi uji coba lagi di Mugello," lanjutnya.

2 dari 3 halaman

Nantikan Perangkat Baru dari Aprilia di Mugello

Dovizioso pun mengaku sangat menantikan uji coba di Sirkuit Mugello yang rencananya digelar pada 11-12 Mei nanti. Rider yang juga juara dunia GP125 2004 ini menyatakan, Jerez memang trek yang cukup baik untuk uji coba, namun akan lebih baik lagi jika Aprilia juga menjajal RS-GP bersamanya di trek lain, terutama Mugello, yang sangat menguji tenaga dan kelincahan motor.

"Jerez trek yang baik untuk uji coba. Bukan yang terbaik sih, tapi ketika ganti motor, Anda memang butuh waktu. Jadi, tak terlalu penting trek mana yang Anda pakai, karena pertama-tama Anda harus menciptakan situasi yang tepat. Mustahil menjalani satu uji coba saja untuk mengatasi masalah-masalah macam itu," ungkapnya.

"Uji coba di Mugello bakal sangat menyenangkan, karena trek itu sungguh berbeda dari Jerez. Sirkuitnya sungguh menyenangkan, dan usai sebulan, saya rasa Aprilia bisa melakukan beberapa perubahan untuk posisi saya di atas motor, dan saya sangat tertarik untuk melihat apakah saya bisa lebih nyaman lagi," pungkas Dovizioso.

Sumber: Motomatters

3 dari 3 halaman

Video: Dimas Ekky Ingin Mandalika Racing Team Jadi Batu Loncatan Rider Indonesia

KOMENTAR