Andrea Dovizioso Tak Iri Lihat Aprilia Kini Kompetitif di MotoGP

Anindhya Danartikanya | 17 April 2022, 22:22
Pembalap WithU Yamaha RNF MotoGP Team, Andrea Dovizioso (c) RNF Racing
Pembalap WithU Yamaha RNF MotoGP Team, Andrea Dovizioso (c) RNF Racing

Bola.net - Pembalap WithU Yamaha RNF MotoGP Team, Andrea Dovizioso, sama sekali tak menyesali keputusannya hengkang dari Aprilia Racing usai jadi test rider mereka tahun lalu. Ia juga mengaku sama sekali tak merasa kecewa, melainkan justru ikut bahagia melihat Aleix Espargaro menang di MotoGP Argentina.


Usai hengkang dari Ducati pada akhir 2020, Dovizioso vakum dari MotoGP, namun menjabat sebagai test rider Aprilia pada April-Agustus 2021. Ia diketahui menjalani sembilan hari tes dengan motor RS-GP di berbagai trek Italia dan Spanyol. Tesnya berjalan lancar dan ia sempat jadi calon tandem Espargaro untuk 2022.

Namun, rencana berubah usai Maverick Vinales hengkang dari Yamaha. Aprilia lebih memilih menggaet Vinales, dan ingin 'Dovi' jadi test rider mereka. Di lain sisi, Dovizioso dapat tawaran dari Yamaha untuk membela RNF. Uniknya, di Argentina beberapa pekan lalu, Aprilia sukses meraih kemenangan perdana di GP500/MotoGP.

1 dari 2 halaman

Tidak Menyesal Batal Kerja Sama

Pembalap Aprilia Racing, Aleix Espargaro (c) Aprilia Racing

"Saya tidak menyesalinya, namun bukan karena saya tak mau kerja bareng Aprilia. Saya justru sangat senang melihat hasil tes dengan Aprilia, karena dalam waktu singkat saya bisa mengenal mereka. Atmosfer mereka sangat rileks dan produktif. Saya bahagia untuk mereka," ujar Dovizioso via Speedweek, Rabu (13/4/2022).

Di lain sisi, ia merasa, kalaupun membela Aprilia tahun ini, tak berarti dirinya bisa menang juga seperti Espargaro. Ia meyakini bahwa sebuah kemenangan diraih berdasarkan kombinasi banyak hal, termasuk kecocokan antara sang rider dan motornya. Ia juga menyebut, Espargaro memiliki keunggulan karena mengendarai RS-GP sejak 2017.

"Bukan berarti Aprilia menang lalu Anda harus berada di Aprilia sekarang. Jika melihat dengan cara itu, Anda juga harusnya sadar saya sedang naik motor juara (Yamaha)," ujarnya sembari tertawa. "Jika Anda mau bicara, ya bicara saja. Tapi bergosip adalah hal berbeda. Jika Anda ingin mau membahas detailnya, selalu ada penjelasan mengapa hal-hal tertentu terjadi."

2 dari 2 halaman

Tadinya Punya Opsi Bertahan di Aprilia

Andrea Dovizioso di atas Aprilia RS-GP dalam uji coba MotoGP Jerez 2021 (c) Aprilia Racing

Dalam wawancara yang sama, Dovizioso juga menjelaskan mengapa ia memilih tak bekerja sama dengan Aprilia tahun ini dna lebih memilih membela RNF. "Saya tadinya punya opsi bertahan di Aprilia. Namun, saya mungkin hanya akan jadi test rider dan berhenti balapan. Jadi, ini berdasarkan keputusan saya sendiri," tuturnya.

"Tapi saya bahagia untuk Aprilia. Mereka bekerja dengan baik dan layak mendapatkannya. Saya tak melihatnya sebagai kekecewaan. Saya bukan seorang rider yang suka membodohi diri sendiri. Itulah alasan saya tak berkata, 'Wah, andai aku bertahan di Aprilia, mungkin aku bakal menang'. Tidak, bukan begitu caranya," pungkasnya.

Sejauh ini, hasil terbaik Dovizioso hanyalah finis ke-14 di MotoGP Qatar. Tiga kali runner up MotoGP sekaligus juara dunia GP125 2004 tersebut kini berada di peringkat 21 pada klasemen pembalap dengan koleksi 3 poin. Ia akan kembali turun lintasan dalam Seri Portugal di Sirkuit Algarve, Portimao, pada 22-24 April 2022 nanti.

Sumber: Speedweek

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR