BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Andrea Dovizioso: Rasanya 'Aneh' Jadi Tandem Valentino Rossi

10-10-2021 20:00 | Anindhya Danartikanya

Valentino Rossi dan Andrea Dovizioso (c) Twitter/SepangRacing
Valentino Rossi dan Andrea Dovizioso (c) Twitter/SepangRacing

Bola.net - Andrea Dovizioso dan Valentino Rossi memang sudah jadi rival di MotoGP sejak 2008, namun keduanya selalu akur dan tak pernah sekalipun mengalami cekcok, bahkan kerap latihan motocross bersama. Uniknya, tahun ini keduanya jadi rider paling berpengalaman dan bertandem di Petronas Yamaha SRT selama lima seri terakhir.

Dovizioso dan Rossi bahkan sudah jadi rival sejak hari-hari mereka berkompetisi di ajang minimoto Italia. Selama di MotoGP, mereka selalu membela pabrikan yang berbeda, dan kini justru setim. Lewat Corsedimoto, Jumat (8/10/2021), 'Dovi' pun mengaku merasakan sensasi aneh bertandem dengan Rossi, namun juga merasa terhormat.

"Rasanya aneh, karena Vale selalu berada di pabrikan yang jadi lawan saya, dan ia juga selalu rival saya. Namun, saya merasa terhormat bisa bertandem dengannya. Vale sangat berkarisma. Ia membawa banyak situasi baru ke MotoGP. Semua orang beradaptasi dengan hal-hal yang ia bawa," ungkap rider 35 tahun ini.

1 dari 2 halaman

Valentino Rossi Tak Ucapkan 'Selamat Tinggal'

Andrea Dovizioso dan Valentino Rossi (c) AP Photo
Andrea Dovizioso dan Valentino Rossi (c) AP Photo

Dovizioso juga yakin Rossi, yang akan pensiun akhir musim ini, akan meninggalkan warisan besar di MotoGP. "Selama beberapa tahun terakhir performanya tak baik, dan orang-orang di paddock boleh berpikir apa saja tentangnya. Namun, apa yang sudah ia lakukan, dan apa yang akan ia tinggalkan, sangatlah berarti," tuturnya.

Tiga kali runner up MotoGP ini juga mengungkapkan momen lucu saat dirinya hendak vakum pada akhir November 2020 di Portimao. Kala itu, kebanyakan rival menemui Dovizioso untuk mengucapkan selamat tinggal karena mengiranya akan pensiun. Uniknya, Rossi jadi satu-satunya rider yang tak menemuinya.

Hal ini pun diakui oleh Rossi sendiri lewat Sky Sport pada Agustus lalu, saat rumor Dovizioso akan jadi tandemnya mulai menyeruak ke publik. "Akhir tahun lalu, saya tak pernah berpikir bahwa Dovi bakal 'pensiun', sampai-sampai saya tak menemuinya di Portugal untuk bilang 'ciao'!" tutur sang sembilan kali juara dunia.

2 dari 2 halaman

Cegah Konfrontasi dengan Marc Marquez

Andrea Dovizioso dan Marc Marquez (c) AP Photo
Andrea Dovizioso dan Marc Marquez (c) AP Photo

Dovizioso juga mengonfirmasi hal ini, dan mengaku juga tak berniat mengucapkan selamat tinggal pada Rossi karena kala itu The Doctor belum memutuskan gantung helm. "Usai balapan kala itu, semua orang mengucapkan selamat tinggal kepada saya, tapi Vale tidak. Tapi waktu itu ia juga belum mengumumkan keputusannya pensiun," tuturnya.

Dalam wawancara yang sama, 'Dovi' juga membicarakan Marc Marquez, rider yang menjadi lawan tersengitnya dalam perebutan gelar 2017, 2018, dan 2019. Meski sejauh ini belum berduel wheel-to-wheel lagi, Dovizioso mengaku senang selalu punya hubungan baik dan sportif dengan sang delapan kali juara dunia.

"Saya punya hubungan baik dengan semua orang, meski sangat mustahil punya hubungan baik dengan beberapa di antaranya. Dengan Marc, saya rasa juga ada keberuntungan. Kami bertarung bertahun-tahun dan semua selalu berjalan baik. Metode saya dalam bertarung adalah tak perlu menciptakan konfrontasi," pungkasnya.

Sumber: Corsedimoto

KOMENTAR