BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Andrea Dovizioso Masih Sisakan 3 Uji Coba MotoGP Bareng Aprilia

14-07-2021 15:47 | Anindhya Danartikanya

Andrea Dovizioso di atas Aprilia RS-GP dalam uji coba MotoGP Jerez 2021 (c) Aprilia Racing
Andrea Dovizioso di atas Aprilia RS-GP dalam uji coba MotoGP Jerez 2021 (c) Aprilia Racing

Bola.net - Meski masa depannya masih belum menemui kejelasan, Andrea Dovizioso masih menyisakan tiga uji coba tertutup yang harus ia jalani bersama Aprilia Racing di MotoGP 2021. Menurut laporan GPOne, Selasa (13/7/2021), tiga uji coba ini akan digelar di MotorLand Aragon, Spanyol, dan Misano, Italia.

Seperti yang diketahui, Dovizioso sempat menolak bergabung dengan Aprilia tahun lalu, baik sebagai pembalap reguler maupun test rider. Namun, semua berubah pada April lalu. Melihat RS-GP menunjukkan potensi apik di tangan Aleix Espargaro, Dovizioso akhirnya menerima jabatan sebagai test rider.

Dovizioso menerima peran ini tak hanya karena ingin membantu Aprilia mengembangkan RS-GP lebih jauh, melainkan juga demi melihat kans kembali balapan sepenuhnya di MotoGP pada 2022. Sejauh ini, Dovizioso sudah menjalani uji coba di Jerez, Spanyol; Mugello, Italia, dan Misano.

1 dari 3 halaman

Gosip Vinales Tak Pengaruhi Tugas Dovizioso

Test rider Aprilia Racing, Andrea Dovizioso (c) Aprilia Racing
Test rider Aprilia Racing, Andrea Dovizioso (c) Aprilia Racing

Meski begitu, kans Dovizioso membela Aprilia tahun depan tampaknya semakin mengecil. Pasalnya, pabrikan asal Noale, Italia, ini dikabarkan sangat tertarik menggaet Maverick Vinales, yang akhir Juni lalu dipastikan akan berpisah dengan Monster Energy Yamaha pada akhir musim nanti, setahun lebih awal dari kontrak aslinya.

Selain itu, Espargaro belakangan juga blak-blakan kepada DAZN, tak puas melihat data yang dikumpulkan Dovizioso. Ia bahkan menyebut performa Dovizioso tak cukup untuk kembali balapan. "Dovi menjalani beberapa uji coba dengan kami, namun sejauh ini ia belum terlalu kompetitif. Tampaknya ia memang tak mau balapan lagi," ujarnya

Walau Vinales dan Aprilia diisukan sudah teken kontrak, tugas Dovizioso ternyata tak terpengaruh. Tiga kali runner up MotoGP ini dijadwalkan akan menunggangi RS-GP dalam uji coba di Aragon pada 27-28 Juli mendatang, disusul uji coba lagi di Misano pada 5-6 dan 31 Agustus.

2 dari 3 halaman

Akankah Andrea Dovizioso Kembali ke Yamaha?

Uniknya, walau peluangnya membela Aprilia menyempit, Dovizioso juga santer dikabarkan bisa membela Monster Energy Yamaha atau Petronas Yamaha SRT. Petronas SRT sendiri diketahui terancam kehilangan Franco Morbidelli yang kini jadi kandidat pengganti Vinales, serta kehilangan Valentino Rossi yang sudah 'kode' ingin pensiun.

Pada awal Juli ini, Dovizioso bahkan kedapatan berjumpa dengan Managing Director Yamaha Motor Racing, Lin Jarvis, dalam MXGP Italia di Sirkuit Maggiora. Saat ditanya soal kansnya kembali membela Yamaha di MotoGP, Dovizioso pun memilih bungkam. "Masih terlalu dini untuk membicarakannya. Sungguh terlalu dini," tuturnya.

Para rider MotoGP sendiri akan kembali akan turun lintasan dalam Seri Styria dan Austria yang masing-masing digelar pada 6-8 dan 13-15 Agustus di Sirkuit Red Bull Ring, yang dimenangi oleh Dovizioso pada 2017, 2019, dan 2020 bersama Ducati Team.

Sumber: GPOne, DAZN

3 dari 3 halaman

Video: Angka Covid-19 Meningkat, Australia Batalkan MotoGP dan Formula 1

KOMENTAR