BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Andrea Dovizioso Maklumi Keputusan Maverick Vinales Tinggalkan Yamaha

18-07-2021 21:28 | Anindhya Danartikanya

Test rider Aprilia Racing, Andrea Dovizioso (c) Aprilia Racing
Test rider Aprilia Racing, Andrea Dovizioso (c) Aprilia Racing

Bola.net - Test rider Aprilia Racing, Andrea Dovizioso, menyebut bahwa Maverick Vinales telah mengambil keputusan nekat dengan memilih meninggalkan Monster Energy Yamaha di MotoGP 2022. Meski begitu, ia bisa memaklumi situasinya. Hal ini ia sampaikan dalam wawancaranya dengan Corriere Romagna baru-baru ini.

Seperti yang diketahui, pada akhir Juni lalu, Vinales resmi diumumkan bakal hengkang dari Yamaha, setahun lebih awal dari durasi kontraknya saat ini. Hal ini dipicu oleh performanya yang angin-anginan sejak bergabung pada 2017, dan puncaknya terjadi usai ia finis ke-19 alias terbuncit di Sachsenring, Jerman.

Dovizioso yakin keputusan kontroversial ini Vinales pasti didasari alasan kuat, seperti halnya dirinya yang tahun lalu secara menghebohkan memutuskan untuk tak melanjutkan kerja sama dengan Ducati Team dan bahkan memilih vakum dari MotoGP. Ia yakin Vinales pasti sudah punya tekad bulat dalam mengambil langkah ini.

1 dari 3 halaman

Yakini Tekad Vinales Sudah Bulat

Pembalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales (c) Yamaha MotoGP
Pembalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales (c) Yamaha MotoGP

"Maverick mengambil keputusan yang ekstrem. Saya bisa pahami situasinya, karena jika ia berperilaku seperti ini, maka berarti ia tak lagi memercayai situasi-situasi tertentu (di Yamaha)," ujar Dovizioso, sang tiga kali runner up MotoGP, seperti yang dikutip MotosanES, Jumat (16/7/2021).

Di lain sisi, Dovizioso juga mengaku telah melihat Vinales sudah punya pegangan kuat menatap masa depan usai nekat hengkang dari Yamaha. "Pada saat yang sama, kita bisa lihat ia percaya pada apa yang ia lakukan, apalagi jika mengingat berapa banyak uang yang ia tinggalkan," lanjut rider Italia ini.

Uniknya, Vinales kini dikabarkan sudah menandatangani kontrak dengan Aprilia Racing, yang sejak awal tahun ini juga diisukan sangat menginginkan Dovizioso sebagai tandem anyar Aleix Espargaro tahun depan. Dovizioso sendiri memilih bungkam soal ini, namun menegaskan dirinya belum berstatus sebagai rider 'pensiunan'.

2 dari 3 halaman

Tak Suka Disebut 'Pensiun'

Dovizioso bahkan mengaku tersanjung para penggemar MotoGP masih kerap mendorongnya untuk kembali balapan sepenuhnya tahun depan. "Saya tak suka kata 'pensiun', karena saya tak merasa sudah pensiun. Bahkan, saya masih terus latihan untuk menjaga kebugaran," tuturnya.

"Usai setahun tak balapan, lalu melihat orang-orang ingin melihat saya lagi, tentu saya sangat senang. Sebagai rider profesional, jika punya Anda punya situasi yang Anda yakini, Anda harus mencoba. Jadi kita lihat saja nanti," pungkas pembalap berusia 35 tahun ini.

Dovizioso sendiri dipastikan masih memiliki tiga sesi uji coba tertutup tersisa bersama Aprilia Racing musim ini, yakni di Aragon pada 27-28 Juli mendatang, disusul dengan dua uji coba di Misano pada 5-6 dan 31 Agustus.

Sumber: Corriere Romagna, MotosanES

3 dari 3 halaman

Video: Angka Covid-19 Meningkat, Australia Batalkan MotoGP dan Formula 1

KOMENTAR