BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Andrea Dovizioso: Lihat Ducati Tanpa Nomor 4? Biasa Aja Tuh!

25-02-2021 10:45 | Anindhya Danartikanya

Andrea Dovizioso (c) Ducati Andrea Dovizioso (c) Ducati

Bola.net - Andrea Dovizioso tak memungkiri bahwa dirinya dan Ducati berpisah secara baik-baik pada akhir MotoGP 2020. Namun, ia meyakini bahwa hal ini berarti semestinya ada beberapa hal yang bisa diperbaiki dalam tim tersebut, hingga ia tak perlu hengkang seperti sekarang. Hal ini ia sampaikan kepada Sport Fair pada Selasa (23/2/2021).

Seperti diketahui, Dovizioso memilih meninggalkan Ducati pada akhir 2020 usai mengalami cekcok dengan para petingginya karena menolak untuk memasukkan dirinya lebih jauh dalam proses pengembangan Desmosedici, yang selama ini ia keluhkan hanya mengandalkan tenaga mesin dan tak memiliki performa menikung yang baik.

"Alasan saya tak melanjutkan kerja sama dengan Ducati adalah tak ada kondisi yang mendukung. Tak ada motivasi yang tepat dan tak ada hubungan yang tepat pula dengan beberapa orang di sana demi menatap masa depan. Andai mengalami situasi yang sama namun ada dorongan yang baik, mungkin saya takkan berhenti," tutur Dovizioso.

1 dari 3 halaman

Harusnya Ada yang Bisa Diperbaiki

Andrea Dovizioso (c) Ducati Andrea Dovizioso (c) Ducati

Keinginan Dovizioso untuk terlibat lebih jauh dalam pengembangan Desmosedici ini pun diketahui berujung ketegangan dengan General Manager Ducati Corse, Gigi Dall'Igna, dalam rapat teknis dengan para insinyur Tim Merah di sela MotoGP Jerman pada pertengahan 2019 lalu.

Cekcok itu membuat Dovizioso dan Dall'Igna tak lagi intensif membicarakan perkembangan motor dan keduanya sadar tak lagi bisa bekerja sama selepas 2020. Meski sempat dipertimbangkan Ducati untuk jadi tandem Jack Miller pada 2021, Dovizioso akhirnya sudah muak dan tak mau lagi membela mereka.

"Saat sebuah hubungan tak berakhir dengan baik, berarti ada hal yang harusnya bisa dilakukan lebih baik. Saya tak mau menuding siapa pun, namun memang pada akhirnya tak ada kemungkinan bagi saya untuk menjadi 'pimpinan' dari proyek ini. Jadi, inilah alasan utama mengapa hubungan kami jadi buruk," ujarnya.

2 dari 3 halaman

Tak Rasakan Pengaruh Apa pun

Francesco Bagnaia dan Jack Miller (c) Ducati Corse Francesco Bagnaia dan Jack Miller (c) Ducati Corse

Usai menonton acara peluncuran Ducati Team yang kini menaungi Jack Miller dan Pecco Bagnaia, eks rider Ducati lainnya, Danilo Petrucci mengaku sempat merasa emosional meski kini dipastikan membela Tech 3 KTM Factory Racing. Pasalnya, Petrucci sudah bernaung di Ducati sejak 2015.

Dovizioso sendiri membela Ducati sejak 2013, namun ia tak merasakan sensasi apa-apa saat melihat perubahan di tim itu. "Memang agak janggal jika melihat Ducati tanpa nomor 4 usai delapan tahun kerja sama. Namun, saat Anda tak lagi merasakan sensasi menyenangkan, hal macam ini takkan memengaruhi Anda," tutupnya.

Sementara Dovizioso kini vakum dari MotoGP dan fokus pada ajang motocross, Miller dan Bagnaia akan kembali turun lintasan dalam uji coba pramusim di Sirkuit Losail, Qatar, pada 6-7 dan 10-12 Maret, yang bakal dilanjutkan dengan dua pekan balap beruntun di trek yang sama pada 26-28 Maret dan 2-4 April mendatang.

Sumber: SportFair

3 dari 3 halaman

Video: Maverick Vinales Jatuhkan Diri dalam Kecepatan Tinggi di MotoGP Styria

KOMENTAR