BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Andrea Dovizioso: Dengan Senang Hati Saya Terima Undangan Uji Coba Aprilia

17-03-2021 20:15 | Anindhya Danartikanya

Andrea Dovizioso (c) Ducati Andrea Dovizioso (c) Ducati

Bola.net - Resmi sudah Aprilia Racing mengumumkan bahwa mereka akan menggelar uji coba tertutup bersama tiga kali runner up MotoGP, Andrea Dovizioso, di Sirkuit Jerez, Spanyol, pada 12-14 April mendatang. Hal ini mereka nyatakan lewat rilis resmi tim pada Rabu (17/3/2021).

Seperti diketahui, Dovizioso memutuskan hengkang dari Ducati, tim yang sudah ia bela sejak 2013, di sela MotoGP Austria tahun lalu. Sejak itu, ia kerap digosipkan akan membela Aprilia pada 2021, sebagai pengganti Andrea Iannone yang tersandung kasus doping drostanolone.

Namun, Dovizioso menolak tawaran Aprilia karena kala itu performa motor RS-GP masih kerap angin-anginan. Rider berusia 34 tahun ini juga menolak tawaran sebagai test rider Yamaha dan Suzuki, dan memilih vakum dari MotoGP sampai dapat proyek yang lebih menjanjikan.

1 dari 3 halaman

Tak Berarti Ada Ikatan Kerja Sama

Pembalap Aprilia Racing Team Gresini, Aleix Espargaro (c) MotoGP.com Pembalap Aprilia Racing Team Gresini, Aleix Espargaro (c) MotoGP.com

Sejak MotoGP 2020 berakhir, Dovizioso pun mengalihkan fokusnya untuk berlaga di ajang-ajang motocross nasional Italia, sampai ia melihat performa garang RS-GP terbaru di tangan Aleix Espargaro dalam uji coba pramusim MotoGP Qatar di Sirkuit Losail pada 6-12 Maret lalu.

Uniknya, kini nama Dovizioso kembali dikaitkan dengan Aprilia berkat rencana uji coba ini. Meski begitu, pabrikan asal Noale, Italia, ini menegaskan bahwa gelaran ini tak berarti Dovizioso menjadi test rider mereka dan menyebut bahwa uji coba ini digelar tanpa ikatan profesional.

Di lain sisi, jika Dovizioso mendapati level performa RS-GP terbaru memang jauh menjanjikan dari yang ia lihat pada 2020, uji coba ini juga bisa membuka pintu baginya untuk kembali berlaga di MotoGP pada 2022. Berikut pernyataan resmi Dovizioso dan CEO Aprilia Racing, Massimo Rivola.

2 dari 3 halaman

Pernyataan Resmi Andrea Dovizioso dan Massimo Rivola

Pernyataan Andrea Dovizioso:

"Saya merasa senang atas ketertarikan Aprilia, dan ketika kami membicarakan kemungkinan menggelar uji coba ini, saya dengan senang hati menerima undangan untuk bisa mengendarai motor MotoGP lagi, serta untuk menjaga kondisi, memberikan umpan balik saya kepada para insinyur. Saya mengucapkan terima kasih kepada Aprilia Racing atas kesempatan ini."

Pernyataan Massimo Rivola:

"Sebuah kehormatan bisa mengundang Andrea. Hari-hari di Jerez hanyalah kesempatan bagi kami untuk saling kenal lebih baik, begitu juga di dalam lintasan. Ini takkan jadi 'percobaan kerja sama', melainkan kesempatan untuk menjalani beberapa lap bersama tanpa mengikat komitmen masa depan. Kami sadar betul soal kualitas Andrea, dan kontribusinya bakal penting, meski hanya dalam satu kali uji coba."

Sumber: Aprilia Racing

3 dari 3 halaman

Video: Sirkuit Mandalika Siap Sambut MotoGP 2021

KOMENTAR