BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Andrea Dovizioso Berpotensi Bela Petronas Yamaha SRT di MotoGP Aragon

25-08-2021 16:08 | Anindhya Danartikanya

Test rider Aprilia Racing, Andrea Dovizioso (c) Aprilia Racing
Test rider Aprilia Racing, Andrea Dovizioso (c) Aprilia Racing

Bola.net - Gosip panas kembali muncul dari paddock MotoGP sebagai efek domino perpisahan kontroversial antara Maverick Vinales dan Monster Energy Yamaha. Kini, Andrea Dovizioso yang sedang menjabat sebagai test rider Aprilia Racing, dikabarkan akan membela Petronas Yamaha SRT di Seri Aragon, Spanyol, pada 10-12 September.

Vinales dan Yamaha efektif pisah sejak Jumat (20/8/2021), usai data telemetri membuktikan Top Gun sengaja melakukan 'aksi tak lazim' di Seri Styria, yang berpotensi merusak mesin YZR-M1. Yamaha pun menunjuk sang test rider, Cal Crutchlow, sebagai penggantinya untuk sementara di Silvestone, Inggris, 27-29 Agustus.

Padahal, tadinya Crutchlow diminta membela SRT di Seri Styria, Austria, dan Inggris, untuk jadi pengganti Franco Morbidelli yang cedera lutut. Alhasil, SRT harus mencari rider lain untuk menggantikan Morbidelli di Seri Inggris dan Aragon. Untuk Seri Inggris, SRT sudah menunjuk rider Moto2 mereka sendiri, Jake Dixon.

1 dari 2 halaman

Kontrak dengan Aprilia Berakhir pada 1 September

Andrea Dovizioso di atas Aprilia RS-GP dalam uji coba MotoGP Jerez 2021 (c) Aprilia Racing
Andrea Dovizioso di atas Aprilia RS-GP dalam uji coba MotoGP Jerez 2021 (c) Aprilia Racing

Untuk Seri Aragon, SRT harus putar otak lagi. Tadinya, tim asal Malaysia ini diperkirakan bakal mengambil keputusan ekstrem, yakni menunjuk rider mereka sendiri di Moto3, Darryn Binder, untuk jadi pengganti Morbidelli. Binder bahkan sempat diminta latihan dengan motor superbike YZF-R1 di Brno, Ceko, pada 17 Agustus lalu.

Meski begitu, tampaknya keinginan SRT menurunkan 'Daz' ditentang kebanyakan peserta MotoGP, mengingat rider Afrika Selatan itu belum punya pengalaman dengan motor-motor besar. Mendadak menurunkan rider Moto3 di MotoGP tanpa menjalani uji coba serius juga dinilai bisa menyajikan bahaya bagi para rival.

Sky Sport pada Selasa (24/8/2021) pun melansir bahwa kini SRT tengah memburu Dovizioso. Kontrak 'Dovi' dengan Aprilia diketahui akan berakhir pada 1 September nanti. Uniknya, itu adalah hari kedua uji coba terakhir Dovizioso dengan RS-GP, di mana ia akan mengaspal bersama Vinales di Sirkuit Misano, Italia.

2 dari 2 halaman

Juga Bisa Bela SRT Secara Penuh di MotoGP 2022

Andrea Dovizioso saat masih membela Ducati pada 2020. (c) Ducati
Andrea Dovizioso saat masih membela Ducati pada 2020. (c) Ducati

Jika harapan SRT menurunkan Dovizioso di Aragon bersama Yamaha terwujud, maka rider 35 tahun ini akan jadi tandem kelima Valentino Rossi di sepanjang 2021, yakni setelah Morbidelli, Garrett Gerloff, Crutchlow, dan Jake Dixon. Meski begitu, belum ada keterangan resmi baik dari SRT maupun manajemen Dovizioso sendiri.

Di lain sisi, pada Jumat (20/8/2021), hanya beberapa jam setelah perpisahan Vinales dan Yamaha diumumkan, The Race melaporkan bahwa Dovizioso juga menjadi kandidat kuat pembalap SRT untuk MotoGP 2022. Seperti yang diketahui, Petronas akan berhenti jadi sponsor SRT pada 2022, dan berpotensi digantikan WithU.

Produsen energi asal Italia itu dikabarkan menginginkan rider Italia pula di SRT, dan merasa Dovizioso cocok untuk proyek ini, bahkan bersedia memberikan gaji tinggi dan YZR-M1 spek pabrikan. Tak hanya itu, SRT juga mulai berpikir Dovizioso bisa jadi mentor yang baik untuk Binder, yang berpotensi mengikuti Jack Miller: lompat langsung dari Moto3 ke MotoGP.

Sumber: Sky Sport, The Race

KOMENTAR