BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Andrea Dovizioso: Bela Tim Selain Ducati Bukan Hal Mustahil

26-07-2019 10:30 | Anindhya Danartikanya

Pebalap Mission Winnow Ducati, Andrea Dovizioso (c) Ducati Pebalap Mission Winnow Ducati, Andrea Dovizioso (c) Ducati

Bola.net - Rider Ducati Team, Andrea Dovizioso, tak menutup kemungkinan hengkang dari pabrikan Italia tersebut pada akhir 2020, yakni saat kontraknya berakhir. Meski begitu, ia belum punya keinginan membela tim lain. Hal ini ia sampaikan kepada Motorsport.com.

Dovizioso, yang kini berusia 33 tahun, telah membela Ducati di MotoGP sejak 2013, dan menjadi rider yang paling lama membela Tim Merah. Sejak bergabung, ia juga dijadikan ujung tombak pengembangan motor Desmosedici.

Satu hal yang pasti, Dovizioso belum kepikiran untuk pensiun dalam waktu dekat. Ia mengaku akan tetap melanjutkan karier di dunia balap selama dirinya masih mampu tampil kompetitif dan meraih hasil menjanjikan.

"Entah berapa lama lagi saya akan tetap balapan, tapi saya sangat tenang. Banyak orang pikir saya bakal pensiun saat kontrak saya dengan Ducati habis pada akhir 2020. Tapi saya tak kepikiran, ini tergantung hasil dan proyek yang ada," ujarnya.

1 dari 2 halaman

Ogah Obral Janji

Selama berkarier di MotoGP, Dovizioso pernah membela empat tim dan tiga pabrikan berbeda, yakni Jir-Scot Honda, Repsol Honda, Monster Yamaha Tech 3, dan Ducati Team. Pada 2017 lalu ia bahkan nyaris kembali ke Repsol Honda.

Dovizioso pun tak mau mengobral janji pada tim mana pun untuk musim 2021 mendatang. Meski berharap bertahan di Ducati selama mungkin, ia tak menutup kemungkinan untuk hengkang ke tim lain.

"Pada 2020, 'pasar' pebalap akan terbuka dan kita lihat saja nanti. Saya sendiri bukan salah satu rider yang suka berkata satu hal, tapi lalu melakukan hal lain. Saat ini saya rasa saya takkan membela tim lain, tapi ini bukannya tak mungkin," ungkapnya.

2 dari 2 halaman

Sudah Punya Proyek Masa Pensiun

Dovizioso juga mengaku tak tertarik untuk pindah kejuaraan, entah WorldSBK, atau kejuaraan motocross, mengingat ia sangat menggemari motocross dan diakui memiliki skill setara dengan para rider-rider dari disiplin kejuaraan tersebut.

"Saya tahu apa yang akan saya lakukan saat pensiun. Tapi saya takkan membicarakannya karena belum waktunya. Saya ingin menjalankan sebuah proyek, kita lihat saja apa memungkinkan. Tapi saat ini saya fokus pada karier saya," tutupnya.

Saat ini Dovizioso duduk di peringkat kedua pada klasemen pebalap MotoGP dengan koleksi 127 poin. Ia tertinggal 58 poin dari Marc Marquez yang ada di puncak, dan hanya unggul 6 poin dari tandemnya sendiri, Danilo Petrucci, di peringkat ketiga.

KOMENTAR