Andrea Dovizioso Bakal Jalani 2022 Bagai Musim Terakhir di MotoGP

Anindhya Danartikanya | 30 Januari 2022, 17:30
Pembalap WithU Yamaha RNF MotoGP Team, Andrea Dovizioso (c) MotoGP.com
Pembalap WithU Yamaha RNF MotoGP Team, Andrea Dovizioso (c) MotoGP.com

Bola.net - Pembalap WithU Yamaha RNF MotoGP Team, Andrea Dovizioso, memang belum memutuskan kapan dirinya akan pensiun. Namun, lewat The Race, Sabtu (29/1/2022), ia mengakui akan menjalani 2022 seperti musim terakhirnya di MotoGP. Menurutnya, mentalitas macam ini justru membuatnya merasa rileks.


Berulang tahun ke-36 pada Maret nanti, Dovizioso merupakan rider tertua di grid MotoGP 2022 usai Valentino Rossi pensiun. Usai hengkang dari Ducati pada akhir 2020, ia vakum selama 10 bulan, meski sempat menjabat sebagai test rider Aprilia Racing. Kesempatan kembali ke MotoGP pun ia dapat dari Yamaha.

Pada lima seri terakhir 2021, ia menggantikan Franco Morbidelli di Petronas Yamaha SRT, dan mendapatkan kontrak pabrikan semusim penuh pada 2022 dari Yamaha, diletakkan di WithU Yamaha RNF. Meski senang bisa kembali, rider Italia ini uniknya tak ambisius memburu kontrak anyar untuk 2023 nanti.

1 dari 2 halaman

Semua Tergantung Hasil Balap

Pembalap WithU Yamaha RNF MotoGP Team, Andrea Dovizioso (c) MotoGP.com

"Tahun lalu adalah tahun yang aneh, dan tahun ini juga bakal jadi tahun yang aneh. Pasalnya, saya tak punya program jangka panjang. Inilah kenyataannya, dan ini bukan karena saya tak mau membicarakannya. Saya benar-benar menjalani musim ini seolah ini musim terakhir saya, karena saya tak tahu apa yang akan terjadi," ujar 'Dovi'.

Dovizioso menyatakan, masa depannya akan sangat tergantung pada hasil musim ini. Jika hasilnya baik, maka ia bisa mendapatkan peluang memperpanjang kontrak. Jika tak dapat kontrak baru ketika hasilnya juga oke, maka ia bisa pensiun dengan hati yang senang. Satu-satunya hal yang ia khawatirkan hanyalah tampil buruk.

"Segalanya selalu tergantung hasil. Jika hasilnya sangat baik, maka takkan jadi masalah! Jika hasilnya tidak terlalu bagus, barulah jadi masalah. Saya sangat santai soal ini, dan akan menjalani musim ini seperti musim terakhir. Saya takkan mengubah cara kerja, karena saya memang santai saja menjalani situasi ini," lanjut Dovizioso.

2 dari 2 halaman

Tak Punya Rencana untuk 2023

Pembalap WithU Yamaha RNF MotoGP Team, Andrea Dovizioso (c) Yamaha Racing

Tiga kali runner up MotoGP sekaligus juara dunia GP125 2004 ini juga mengaku tak mau melakukan negosiasi kontrak pada awal tahun ini, karena ia masih harus mengukur potensinya dalam uji coba pramusim dan beberapa balapan pertama. Targetnya pun hanya satu, yakni melaju cepat agar tetap bersenang-senang.

"Saya tak punya kontrak untuk tahun depan, tapi saya juga tak mau dapat kontrak (baru) sekarang, karena saya sendiri tak tahu apa yang saya ingin lakukan. Tapi jelas semuanya akan tergantung hasil. Jika cepat, saya akan senang. Jika tidak cepat, saya takkan senang. Apalagi pada periode karier saya yang sekarang ini," pungkasnya.

Jika Dovizioso benar-benar pensiun pada akhir musim nanti, Yamaha memiliki dua kandidat pengganti, yakni rider Pata Yamaha WorldSBK, Toprak Razgatlioglu, dan rider Tech 3 KTM Factory Racing, Raul Fernandez. Kedua rider ini diketahui sama-sama sudah menjalani negosiasi dengan Yamaha tahun lalu.

Sumber: The Race

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR