BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Andi Gilang Pindah ke Moto3, 'Tukar Tempat' dengan Ai Ogura

18-11-2020 09:20 | Anindhya Danartikanya

Andi Farid Izdihar (c) Honda Team Asia Andi Farid Izdihar (c) Honda Team Asia

Bola.net - Pembalap Indonesia, Andi Farid Izdihar atau yang populer dengan nama Andi Gilang, resmi bertahan di Honda Team Asia untuk 2021. Namun, alih-alih tetap bertarung di Moto2, ia bakal pindah ke Moto3. Demikian yang diumumkan lewat rilis resmi tim pada Selasa (17/11/2020).

Musim depan, Honda Team Asia mempertahankan rider asal Thailand, Somkiat Chantra, di Moto2. Ia pun akan bertandem dengan Ai Ogura, yang saat ini merupakan salah satu dari kandidat juara dunia Moto3, bernaung di tim yang sama.

Posisi Ogura pun digantikan oleh Gilang tahun depan, dan rider berusia 23 tahun asal Bulukumba, Sulawesi Selatan, ini akan bertandem dengan Yuki Kunii yang juga dipertahankan oleh Honda Team Asia. Musim depan pun akan menjadi musim kedua Gilang di ajang Grand Prix.

1 dari 3 halaman

Terima Keputusan Tim

Honda Team Asia pun menyatakan bahwa kepindahan Gilang ke Moto3 dikarenakan adanya sebuah alasan teknis. Mereka yakin Gilang akan punya kesempatan lebih besar untuk menunjukkan semua potensinya sebagai seorang pembalap di kategori ini.

"Musim perdana saya tidaklah mudah. Tapi saya senang Honda memberi saya kesempatan lain untuk menjadi bagian dari kejuaraan ini. Honda dan semua stafnya melihat bahwa Moto3 lebih cocok untuk kemampuan saya," ujar Gilang dalam rilis resmi tim.

"Tentu saya menerimanya, dan saya bangga dapat kesempatan sekali lagi berada di grid, di mana saya akan coba bekerja sebaik mungkin menghadapi tantangan baru," lanjutnya.

2 dari 3 halaman

Pernyataan Hiroshi Aoyama

Manajer Honda Team Asia, Hiroshi Aoyama, juga meyakini bahwa Gilang bakal punya kesempatan lebih baik dalam mengembangkan sayapnya di Moto3. Juara dunia GP250 2009 ini juga yakin Gilang bakal tampil kompetitif di kategori ini.

"Di Moto3, kami akan punya Yuki dan Andi. Bagi Andi, kategori ini takkan sepenuhnya baru baginya. Ia tumbuh dewasa dengan mengendarai motor-motor kecil, dan melaju sangat cepat, contohnya di Asia Talent Cup dan FIM CEV. Kami yakin ia punya kemampuan yang baik di Moto3 dan tampil kompetitif," ujarnya.

Sebelum memulai petualangan di Moto3, Gilang pun akan kembali turun lintasan di atas motor Moto2 miliknya untuk terakhir kali musim ini dalam Moto2 Portugal yang digelar di Sirkuit Algarve, Portimao, pada 20-22 November mendatang.

Sumber: Honda Team Asia

3 dari 3 halaman

Video: Highlights Joan Mir, Juara Dunia MotoGP 2020

KOMENTAR