Alvaro Bautista: Honda WorldSBK Tak Butuh Cal Crutchlow

Anindhya Danartikanya | 15 Juli 2020, 11:43
Alvaro Bautista: Honda WorldSBK Tak Butuh Cal Crutchlow
Cal Crutchlow (c) AFP

Bola.net - Eks pebalap MotoGP yang kini turun di WorldSBK, Alvaro Bautista, meyakini bahwa Honda Racing Corporation (HRC) tak membutuhkan kontribusi Cal Crutchlow dalam pengembangan motor superbike mereka, All-New Fireblade CBR1000RR-R pada 2021.

Hal ini ia sampaikan kepada Motorsport.com pada Selasa (14/7/2020), sehari setelah HRC mengumumkan berakhirnya kerja sama dengan Crutchlow di LCR Honda MotoGP pada akhir tahun nanti. Menyusul pengumuman ini, HRC pun menawari Crutchlow opsi kembali ke WorldSBK.

Manajer Tim Repsol Honda, Alberto Puig, pun menyatakan bahwa tempat yang tersedia bagi Crutchlow di WorldSBK tak lain dan tak bukan adalah Team HRC, yakni tim pabrikan yang baru dibentuk tahun ini dan tengah digawangi Bautista dan Leon Haslam.

1 dari 3 halaman

Kontribusi Leon Haslam Lebih Krusial

Pebalap Team HRC WorldSBK, Alvaro Bautista dan Leon Haslam (c) HRC

Pebalap Team HRC WorldSBK, Alvaro Bautista dan Leon Haslam (c) HRC

Meski Crutchlow telah gamblang menolak opsi itu, rider asal Inggris ini diperkirakan bisa menggantikan posisi Haslam. Namun, Bautista, yang menjadi runner up WorldSBK 2019 bersama Ducati, membela Haslam dan yakin kontribusinya lebih krusial daripada Crutchlow.

"Saat ini kami dalam tahap pengembangan motor dan tim kami masih sangat baru. Sudah jelas Cal rider yang sangat berpengalaman dan sangat cepat. Tapi Leon juga balapan di arena Superbike seumur hidupnya, jadi saya tak yakin Cal bisa berkontribusi lebih banyak dari Leon," ujarnya.

2 dari 3 halaman

Lebih Baik Utamakan Stabilitas Tim

Juara dunia GP125 2006 ini pun yakin bahwa untuk proyek yang masih seumur jagung, lebih baik HRC mengutamakan stabilitas tim dengan mempertahankan rider yang sudah digaet lebih dulu, yakni ia dan Haslam.

"Saya sangat fokus, bersama Leon, dalam menjalankan pengembangan ini, dan saya rasa, demi kebaikan proyek ini, keputusan terbaik adalah melanjutkannya dengan pebalap yang sudah ada saat ini. Kamilah yang mengendarai motor itu," pungkas Bautista.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR