BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Alpinestars Umumkan Baju Balap Fabio Quartararo Tak Alami Masalah di Catalunya

08-06-2021 15:58 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo (c) Yamaha MotoGP Pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo (c) Yamaha MotoGP

Bola.net - Produsen baju balap asal Italia, Alpinestars, akhirnya merilis pernyataan resmi soal insiden ritsleting baju balap Fabio Quartararo yang terbuka dalam MotoGP Catalunya, Spanyol, akhir pekan lalu. Pada Selasa (8/6/2021), Alpinestars pun menyatakan bahwa investigasi awal menunjukkan baju balap itu berfungsi normal.

Ritsleting baju balap Quartararo diketahui terbuka pada 5-6 lap terakhir. Pada Lap 21, ia juga kedapatan membuang pelindung dada di salah satu tikungan kanan. Pada Lap 23, yakni saat ia berduel dengan Jack Miller untuk posisi ketiga, ia juga berusaha menutup baju balapnya, hingga melebar di Tikungan 1-2.

FIM Stewards pun menganggapnya sebagai aksi memotong jalur. Alhasil, meski melewati garis finis di posisi ketiga, Quartararo dijatuhi hukuman mundur tiga detik, hingga ia harus rela dinyatakan finis keempat. Namun, nasib sial pembalap berusia 22 tahun tersebut tak berhenti di situ.

1 dari 3 halaman

Lakukan Analisa Awal di Paddock

Baju balap Fabio Quartararo terbuka dalam MotoGP Catalunya 2021. (c) MotoGP.com Baju balap Fabio Quartararo terbuka dalam MotoGP Catalunya 2021. (c) MotoGP.com

Lima jam usai balap, FIM Stewards menjatuhkan satu lagi hukuman mundur tiga detik kepada El Diablo, yang dinilai melakukan tindakan berbahaya karena berkendara dalam baju balap yang terbuka dan membuang pelindung dada yang wajib dipakai. Dengan begitu, rider Prancis itu dinyatakan finis keenam.

Usai finis, baju balap itu pun dikirim Quartararo ke truk Pengembangan Balap Alpinestars yang ada di paddock sirkuit dan segera dianalisa oleh para teknisinya. Kini Alpinestars pun merilis hasil investigasi tersebut, dan menyatakan semua perangkat berfungsi dengan baik.

Meski begitu, Alpinestars menyatakan bahwa baju balap tersebut akan diinvestigasi lebih jauh di laboratorium mereka yang terdapat di Asolo, Veneto, Italia, demi mencari penyebab pasti dari terbukanya ritsleting Quartararo. Berikut pernyataan resmi dari Alpinestars via Twitter.

2 dari 3 halaman

Pernyataan Resmi Alpinestars

Baju balap Fabio Quartararo terbuka dalam MotoGP Catalunya 2021. (c) MotoGP.com Baju balap Fabio Quartararo terbuka dalam MotoGP Catalunya 2021. (c) MotoGP.com

"Menyusul balapan MotoGP di Sirkuit Barcelona-Catalunya pada Minggu, tim Pengembangan Balap Alpinestars menggelar investigasi pada integritas baju balap Fabio Quartararo. Berdasarkan analisa awal pascabalap di truk Pengembangan Balap Alpinestars yang terdapat di paddock MotoGP, tim kami mendapati baju balap itu bekerja normal dengan semua ritsleting dan kancing berfungsi sepenuhnya.

"Lebih jauh, semua komponen baju balap, termasuk sistem airbag Tech-Air, terpasang dengan baik dan berfungsi sepenuhnya. Ini baru penaksiran awal, dan akan diinvestigasi lebih lanjut sekalinya baju balap tersebut sampai di laboratorium markas Alpinestars, dengan melakukan semua tes dan analisa demi memahami lebih jauh soal penyebab apa yang terjadi.

"Sistem airbag Tech-Air tidak aktif selama balapan, berfungsi seperti harapan, mengingat tak ada situasi (Quartararo) kecelakaan."

Sumber: Twitter/Alpinestars

3 dari 3 halaman

Video: Gaya Nyeleneh Valentino Rossi di MotoGP

KOMENTAR