BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Alex Rins: Suzuki Bisa Tetap Kompetitif Tanpa Tim Satelit

24-07-2019 11:45 | Anindhya Danartikanya

Pebalap Suzuki Ecstar, Alex Rins (c) Suzuki
Pebalap Suzuki Ecstar, Alex Rins (c) Suzuki

Bola.net - Pebalap Suzuki Ecstar, Alex Rins, meyakini bahwa bakal lebih baik bila Suzuki memiliki tim satelit di MotoGP. Meski begitu, rider Spanyol ini menyatakan bahwa sejauh ini mereka juga terbukti bisa bekerja dengan baik tanpa bantuan dari tim satelit.

Usai vakum pada akhir 2011, Suzuki kembali ke MotoGP pada 2015, dan sejak itu pula mereka belum juga memiliki tim satelit. Program ini sejatinya telah direncanakan sejak 2017, namun belum juga terwujud hingga kini.

Manajer Tim Suzuki Ecstar, Davide Brivio, berkali-kali mengajukan proposal ini demi mendorong dan mempercepat perkembangan motor GSX-RR, namun para petinggi di Jepang masih sangat ragu-ragu untuk menggelontorkan dana lebih banyak.

Di lain sisi, Rins yakin tim satelit tak perlu buru-buru dibentuk. Apalagi ia dan sang tandem, Joan Mir, terbukti mampu tampil kompetitif musim ini.

1 dari 2 halaman

Tak Masalah Tanpa Tim Satelit

"Bakal bagus punya lebih banyak motor di trek, sebuah tim satelit. Kami salah satu pabrikan yang tak punya tim satelit saat ini, tapi kami tengah mengusahakannya dan saat ini semua berjalan cukup baik meski tanpa tim satelit," ujar Rins kepada Motorsport.com.

Tanpa kehadiran tim satelit, Suzuki pun jadi memfokuskan tugas pengembangan GSX-RR kepada sang test rider, Sylvain Guintoli, yang merupakan eks rider MotoGP dan juara WorldSBK 2014. Rins pun mengaku puas atas kinerjanya.

"Sylvain memberikan banyak hal positif untuk tim kami, karena ia punya banyak pengalaman, dan gaya balapnya sangat mirip dengan saya. Jadi saya sangat senang ia menjadi bagian dari tim uji coba kami," ungkap rider Spanyol ini.

2 dari 2 halaman

Ingin Guintoli Lebih Sering Balapan

Rins pun berharap Suzuki lebih sering menurunkan Guintoli sebagai pebalap wildcard musim ini. Sejauh ini, Guintoli baru sekali balapan, yakni di Catalunya, Spanyol, di mana ia finis di posisi 13.

"Jika Sylvain turun di lebih banyak balapan, maka bakal lebih baik untuk coba lebih banyak hal. Selanjutnya kami turun di GP Ceko, balapan pertama usai liburan musim panas. Pada Senin kami juga akan menjalani uji coba. Pekan balap di sana bakal menarik," tutup Rins.

Reale Avintia Racing belakangan ini santer dikabarkan melakukan pembicaraan dengan Suzuki mengenai program tim satelit, namun tim asal Spanyol tersebut masih terikat kontrak dengan Ducati sampai akhir 2020 mendatang.

KOMENTAR