BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Alex Rins Sebal Alami 'Kecelakaan Bodoh' di MotoGP Le Mans

18-05-2021 13:08 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Suzuki Ecstar, Alex Rins (c) Suzuki Racing
Pembalap Suzuki Ecstar, Alex Rins (c) Suzuki Racing

Bola.net - Untuk ketiga kalinya secara beruntun, Alex Rins harus kembali pulang tanpa poin, usai terjatuh dua kali dalam balapan MotoGP Le Mans, Prancis, yang digelar secara flag-to-flag pada Minggu (16/5/2021). Kepada Crash.net, rider Suzuki Ecstar ini pun mengaku motivasi timnya menjadi rendah akibat hasil buruk ini.

Rins yang start dari posisi 15, menjalani tiga lap pertama dengan sempurna karena naik ke posisi keempat. Pada Lap 4, hujan pun turun dan semua rider mengganti motornya di garasi pada akhir Lap 5. Rins pun keluar pitlane menduduki posisi ketiga, namun malah terjatuh di Tikungan 4 karena ban depannya selip.

"Sayang ada hujan deras, karena saya bilang kepada tim kami pasti bisa naik podium dalam kondisi kering. Seperti yang Anda lihat, start saya sempurna, lap-lap perdana juga sempurna. Tapi hujan mulai turun dan risikonya tinggi bagi semua rider, karena genangan airnya sangat tinggi," ujarnya.

1 dari 3 halaman

Jadi Ganti Motor 2 Kali

Rins pun mengakui kecelakaan itu dipicu tindakan mengerem yang tak biasa. "Saya keluar dari garasi, dan biasanya kami biasanya tak mengerem di tikungan itu pada sesi latihan, dan kali ini, saat keluar dari pitlane, saya mengerem sedikit agar ban membelok. Tapi saya terjatuh," tutur rider Spanyol ini.

Akibat insiden ini, Rins pun terpaksa masuk ke garasi lagi untuk kembali mengendarai motornya yang pertama, yang uniknya masih memakai setup kondisi kering tapi dipasangi ban basah. "Saya pun masuk ke garasi untuk ganti motor lagi, kami pakai ban basah medium-lunak," ungkapnya.

"Masalahnya, motor itu pakai setup kering. Saya jadi kesulitan menghangatkan ban, dan pada pengereman secara umum motor saya tak terasa halus, agak agresif, hingga ban depan saya selip lagi," lanjut Rins, yang duduk di posisi 20 saat kembali ke lintasan.

2 dari 3 halaman

Melakukan Hal-Hal Mustahil

Rins sempat naik satu posisi usai Miguel Oliveira terjatuh, namun ia malah jatuh lagi di Tikungan 3, hingga gagal finis. Alhasil, sudah tiga kali beruntun ia gagal meraih poin. Meski kecewa berat, ia ingin melihat hal positif dari balapan ini, dan bertekad bangkit di Seri Mugello, Italia, 28-30 Mei.

"Hari ini kami melakukan hal yang mustahil. Saya naik 10 posisi pada lap-lap pertama, saya masuk ke garasi dan ganti motor dengan cepat, naik satu posisi, dan kemudian mengalami kecelakaan bodoh lagi. Memang benar musim ini saya sering jatuh, saya mengalami kecelakaan yang tak terjadi selama dua tahun terakhir," tuturnya.

"Saya tak tahu harus bilang apa, karena saya sebenarnya merasa nyaman, bekerja keras di rumah dengan semua staf tim, dan hal ini kadang bisa terjadi. Ini berat, motivasi tim saya tak terlalu tinggi. Kami sedang mengalami momen sulit, tiga kecelakaan dalam tiga balapan. Tapi saya akan coba bangkit di Mugello," pungkasnya.

Sumber: Crashnet

3 dari 3 halaman

Video: Sirkuit Mandalika Siap Sambut MotoGP 2021

KOMENTAR