BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Alex Rins Pede Bisa Bekuk Maverick Vinales Andai Tak Jatuh

01-07-2019 12:40 | Anindhya Danartikanya

Pebalap Suzuki Ecstar, Alex Rins (c) Suzuki Pebalap Suzuki Ecstar, Alex Rins (c) Suzuki

Bola.net - Rider Suzuki Ecstar, Alex Rins, meyakini dirinya bisa mengalahkan pebalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales, andai ia tak terjatuh pada Lap 3 MotoGP Belanda di Sirkuit Assen, Minggu (30/6). Hal ini ia sampaikan dalam wawancaranya dengan Crash.net usai balap.

Rins yang start ketiga, langsung memimpin balapan pada lap pertama, namun anehnya mengalami kecelakaan di Tikungan 9 hingga gagal finis. Rider Spanyol ini pun mengaku sulit percaya atas kesalahannya sendiri, usai merasa nyaman berkendara dan mudah memimpin balapan.

Saat keluar dari Tikungan 8, rider 23 tahun ini mengaku mengalami wheelie hingga harus mengerem keras saat memasuki Tikungan 9, dan di sanalah ban depannya selip. Ia yakin hal ini juga dipengaruhi angin kencang, karena usai wheelie, ban depannya kembali ke aspal dan pengeremannya tak bermasalah.

"Saya start dan berkendara dengan sangat baik, sangat percaya diri. Tapi saat keluar dari Tikungan 8, saya wheelie berlebihan dan lalu mengerem agresif, akhirnya ban depan selip. Saya mengerem 2-3 meter lebih lambat dari sesi pemanasan, bukannya 10 meter. Jadi ini kecelakaan ini sangat aneh," ujarnya.

1 dari 2 halaman

Tak Bisa Lihat Hasil Strategi

Mengingat dirinya nyaman berkendara, Rins yakin bisa ikut bertarung sengit dengan tiga rider terdepan, yakni Vinales, Marc Marquez, dan Fabio Quartararo. "Kami kehilangan peluang menang. Kita takkan pernah tahu andai saya tak jatuh. Tapi saya yakin, dengan ritme yang baik, saya bakal mampu menahan Maverick," ungkapnya.

Pebalap Spanyol ini juga menyatakan bahwa dirinya sempat bertekad ngotot di depan demi mencetak margin hingga bisa 'melarikan diri' dari para rivalnya. Sayang, kecelakaan tersebut membuatnya tak bisa melihat hasil strategi yang sudah ia rencanakan.

"Strategi saya adalah melaju di depan dan memisahkan grup terdepan. Usai 10 lap, kita lihat catatan waktu Fabio, (Andrea) Dovizioso, dan lainnya menurun, sementara kami bisa mempertahankan ritme itu dalam sesi latihan. Tapi saya tak bisa menyelesaikan strategi saya!" tuturnya.

2 dari 2 halaman

Optimistis di Sachsenring

Meski begitu, Rins menolak berlarut-larut dalam kekecewaan. Mengingat ia tampil kompetitif di Catalunya, Spanyol, ditambah mulai bagusnya performa Suzuki di sesi kualifikasi, ia yakin bisa tampil lebih kuat di MotoGP Jerman akhir pekan nanti.

"Dua pekan balap terakhir sangatlah positif bagi kami. Kami sangat kuat, mampu membuktikan bahwa kami juga bisa bertarung di depan. Jadi kami akan tetap bekerja keras demi Sachsenring," pungkas Rins.

Akibat hasil ini, Rins melorot ke peringkat keempat pada klasemen pebalap, masih dengan 101 poin. Kini ia tertinggal 7 poin dari rider Mission Winnow Ducati, Danilo Petrucci di peringkat ketiga.

26 AUG 2019 | 13:00 WIB - #KLYLounge Jokowi Umumkan Lokasi Ibu Kota Baru

KOMENTAR