Alex Marquez Siap Ambil Alih Tugas Marc Marquez Kembangkan Honda

Anindhya Danartikanya | 31 Mei 2022, 15:53
Alex Marquez dan Marc Marquez (c) LCR Honda
Alex Marquez dan Marc Marquez (c) LCR Honda

Bola.net - Pembalap LCR Honda Castrol, Alex Marquez, siap mengambil alih tugas sang kakak, Marc Marquez, memberikan masukan dalam proses pengembangan motor RC213V yang saat ini tak terlalu bersahabat dengan para ridernya. Hal ini disebabkan Marc akan menjalani operasi keempat pada lengan atas (humerus) kanannya.


Seperti yang diketahui, tulang humerus Marc patah usai kecelakaan di MotoGP Jerez, Spanyol, pada 2020. Dalam kurun enam bulan, ia harus menjalani tiga operasi sekaligus. Sayang, lengannya tak pernah pulih betul sampai kini, sehingga para dokternya mempertimbangkan operasi keempat di Minnesota, Amerika Serikat.

Kepastian soal operasi ini akhirnya diinformasikan para dokter kepada Marc pada Jumat (27/5/2022), usai ia menjalani sesi FP1 di Mugello, Italia. Marc sempat cemas soal operasi ini, namun setelah tahu para dokternya paham betul soal masalah dan solusi nyatanya, ia tak ragu sepakat untuk dioperasi pada 1 Juni 2022.

1 dari 2 halaman

Operasi Jalan Terbaik

Alex Marquez dan Marc Marquez (c) Honda Racing Corporation

Alex Marquez dan Marc Marquez (c) Honda Racing Corporation

Menurut Alex, meski sempat berusaha keras menghindari operasi keempat, kali ini Marc lebih legawa menerima kenyataan. "Operasi ini mengangkat beban di pundaknya. Saya rasa kini ia lebih senang. Pada Sabtu, ia datang ke hospitality saya (LCR Honda) untuk makan malam bareng. Ia sangat senang dan rileks," kisahnya via Crash.net.

"Ini cara terbaik untuk menghadapi situasinya. Sebelum operasi, ia lebih cemas. Ia tahu operasi kali ini bakal rumit, namun takkan serumit yang ketiga. Jadi, ia rileks, bahagia. Bukan hanya dia yang bebannya berkurang, melainkan juga keluarga kami dan timnya," lanjut juara dunia Moto3 2014 dan Moto2 2019 ini.

Marc sendiri menyatakan bahwa proses pemulihannya akan memakan waktu lama, sehingga ada kemungkinan ia akan absen lama pula. Alhasil, lagi-lagi Honda akan kehilangan masukan dari Marc untuk mengembangkan RCV. Alex yang merupakan eks pembalap Repsol Honda, mengaku siap memberikan bantuan.

2 dari 2 halaman

Beruntung Masalahnya Bukan di Mesin

Pembalap LCR Honda Castrol, Alex Marquez (c) LCR Honda

Pembalap LCR Honda Castrol, Alex Marquez (c) LCR Honda

"Saya bilang pada Honda, saya terbuka menjajal banyak perangkat. Saya mau bekerja. Saya siap. Masukan saya tak terlalu buruk dan selalu sama dengan Marc. Jadi, saya terima tantangan itu jika Honda menginginkan pendapat saya. Saya akan terbuka pada semua hal demi memperbaiki motor kami. Musim ini masih panjang dan kami menginginkan motor yang lebih baik," ujar Alex.

Sejauh ini, Honda baru meraih satu podium, lewat Pol Espargaro yang finis ketiga di Qatar. Alex pun percaya Honda bisa bangkit pada pertengahan musim ini, karena masalah utama mereka tak terdapat pada mesin yang tentunya tak boleh diutak-atik selama musim bergulir. Ia yakin pabrikan Sayap Tunggal bisa menemukan solusi.

"Kabar baiknya, masalah kami tidak terdapat pada mesin. Masalahnya lebih terletak pada sasis dan geometri. Jadi, kami masih bisa berkembang dan melakukan banyak modifikasi. Alhasil, saya harap motor kami bisa lebih baik. Pasalnya, tahun lalu usai musim panas, kami mengalami kemajuan besar. Semoga tahun ini sama," tutup Alex.

Sumber: Crashnet

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR