Alex Marquez Sempat Terpikir Tinggalkan MotoGP Sebelum Dirayu Ducati

Anindhya Danartikanya | 1 Juli 2022, 13:05
Pembalap LCR Honda Castrol, Alex Marquez (c) LCR Honda
Pembalap LCR Honda Castrol, Alex Marquez (c) LCR Honda

Bola.net - Pembalap LCR Honda Castrol, Alex Marquez, sempat terpikir meninggalkan MotoGP sebelum didekati oleh Ducati Corse dan Gresini Racing untuk musim 2023. Kepada GPOne, Selasa (28/6/2022), Marquez pun mengaku bahwa ia memang butuh perubahan akibat kesulitan yang ia alami dengan RC213V selama dua musim belakangan.

Marquez diketahui membela Honda selama tiga musim. Musim pertama ia habiskan di Repsol Honda, di mana ia meraih dua podium, sementara dua musim selanjutnya ia habiskan di LCR Honda. Sayang, bersama tim Italia tersebut, Marquez sangat sulit tampil kompetitif. Juara dunia Moto3 2014 dan Moto2 2019 ini pun yakin dirinya butuh perubahan.

Nasib Marquez sempat terkatung-katung karena Honda melirik Alex Rins sebagai penggantinya. Namun, Ducati akhirnya mendekati. Pabrikan asal Borgo Panigale, Bologna, itu menawarkan tempat padanya di Gresini Racing, yang akan ditinggalkan Enea Bastianini. Marquez pun mendapat dukungan moral dari bos LCR, Lucio Cecchinello.

1 dari 2 halaman

Perubahan demi Kesehatan Mental

Pembalap LCR Honda Castrol, Alex Marquez (c) LCR Honda

Pembalap LCR Honda Castrol, Alex Marquez (c) LCR Honda

"Saat mulai diskusi dengan Ducati, saya bicara dengan Lucio soal ini. Ia juga paham bahwa saya butuh perubahan. Paruh pertama musim ini sangatlah sulit bagi saya. Saya pun butuh mengubah sesuatu, dan saya rasa pergi ke Ducati bakal sangat membantu saya," ungkap adik sang delapan kali juara dunia, Marc Marquez, ini.

Namun, rider berusia 25 tahun ini mengaku sempat mengira dirinya bakal terdepak dari MotoGP, mengingat slot yang ada di grid bakal berkurang akibat hengkangnya Suzuki. "Sebelum tanda tangan, saya tadinya tak yakin bakal bertahan di MotoGP. Saya kekurangan proposal tertulis," kisah Marquez.

"Namun, saya punya hubungan spesial dengan Lucio. Kami selalu saling jujur. Bahkan, saat tahu saya sudah tanda tangan (kontrak baru), ia orang pertama yang memberi selamat. Ia lebih senang daripada saya soal ke mana saya akan menuju. Saya memang butuh perubahan, terutama untuk mental saya," lanjutnya.

2 dari 2 halaman

Raih 2 Podium Bareng Repsol Honda pada Musim Debut

Alex Marquez saat membela Repsol Honda di MotoGP 2020. (c) AP Photo

Alex Marquez saat membela Repsol Honda di MotoGP 2020. (c) AP Photo

Keputusan Gresini menggaet Marquez sempat banjir kritik karena ia tak kompetitif selama dua musim terakhir. Namun, Marquez memperingatkan bahwa ia mampu meraih dua podium bersama Repsol Honda pada musim debutnya, yang berarti dirinya punya potensi bertarung di depan jika memiliki motor yang tepat pula.

"Pada 2020, saya terbukti layak dapat tempat di MotoGP. Mungkin kami bisa merebut gelar, tapi kami harus membuktikannya di trek. Dengan resminya kontrak musim depan, mungkin saya bisa lebih tenang menghadapi paruh kedua musim ini. Semoga saya bisa dapat kepuasan. Ini tahun-tahun yang berat bagi mental saya," pungkasnya.

Di Gresini Racing, Marquez menggantikan Enea Bastianini yang kini jadi kandidat rider Ducati Lenovo Team dan Prima Pramac Racing. Ia akan bertandem dengan Fabio di Giannantonio, yang juga telah resmi mendapatkan perpanjangan kontrak dari tim yang sama.

Sumber: GPOne

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR