BERITA TIMNAS JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Alex Marquez: Semoga Marc Pulih Agar Honda Tak 'Tersesat'

01-12-2021 16:15 | Anindhya Danartikanya

Marc Marquez dan Alex Marquez (c) Honda Racing Corporation
Marc Marquez dan Alex Marquez (c) Honda Racing Corporation

Bola.net - Pembalap LCR Honda Castrol, Alex Marquez, mengaku sangat berharap sang kakak, Marc Marquez, bisa segera pulih dari segala cedera yang merundungnya. Ia ingin Marc bisa turun lintasan dalam uji coba pramusim MotoGP Sepang, Malaysia, 5-6 Februari 2022, kembali memimpin pengembangan motor Honda RC213V.

Seperti yang diketahui, Marc belum pulih dari cedera patah tulang lengan kanan meski tiga kali menang pada 2021. Sayang, kesialan melanda lagi pada dua seri terakhir. Ia mengalami cedera mata kanan usai kecelakaan off-road. Alhasil, ia absen lagi, bahkan dari uji coba pascamusim di Jerez, 18-19 November.

Cedera penglihatan ini sama persis dengan yang ia alami di Moto2 2011, ketika saraf keempat mata kanannya lumpuh dan harus dioperasi. Kali ini, keputusan medis yang genting belum diambil, namun Alex meyakini kakaknya harus bersabar sampai pemeriksaan dengan dokter kembali digelar mendekati Hari Natal nanti.

1 dari 2 halaman

Tak Perlu Kepikiran Operasi

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) Honda Racing Corporation
Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) Honda Racing Corporation

"Cederanya butuh waktu. Marc harus menanti perkembangannya sampai Natal, itulah jangka waktu yang diberikan dokter. Cedera ini sudah pernah terjadi padanya, jadi pada suatu titik ia harus melihat apakah kondisinya membaik atau stagnan. Setelahnya, barulah keputusan akan diambil," ungkap Alex via Marca, Jumat (26/11/2021).

Juara dunia Moto3 2014 dan Moto2 2019 ini juga menyatakan bahwa Marc tak boleh terlalu kepikiran soal kemungkinan dilakukannya operasi. "Semua kemungkinan selalu ada, tapi Marc tak perlu kepikiran soal operasi, melainkan harus bersabar. Nanti, langkah terbaik akan diambil," tuturnya.

Meski begitu, El Pistolas sangat mengharapkan kakaknya pulih dari semua cedera. Dengan begitu, Marc nanti bisa ikut uji coba pramusim di Sepang, dan juga Mandalika pada 11-13 Februari. Menurut Alex, kehadiran Marc sangat krusial bagi Honda, yang sempat keteteran sepanjang 2020 ketika ia absen semusim penuh.

2 dari 2 halaman

Marc Marquez Patokan 3 Rider Honda Lainnya

Pembalap LCR Honda Castrol, Alex Marquez (c) LCR Honda
Pembalap LCR Honda Castrol, Alex Marquez (c) LCR Honda

Seperti yang diketahui, Honda puasa kemenangan sepanjang 2020, dan baru menang lagi saat Marc mendominasi MotoGP Jerman 2021 di Sachsenring. "Saya harap ia bisa ikut uji coba selanjutnya, karena itu tak hanya penting baginya, melainkan juga bagi kami, semua rider Honda," ujar Alex.

"Marc adalah referensi kami, jadi dialah yang memimpin jalan kami dan menjaga kami agar tak tersesat. Saya tak pernah memikirkan kemungkinan ia bakal absen. Saya berharap empat rider Honda bisa memulai musim dengan senjata yang sama dan terus mencari kemajuan," pungkas rider berusia 25 tahun itu.

Marc sendiri diketahui absen empat balapan sepanjang 2021, dan terhitung empat kali gagal finis. Namun, ia meraih empat podium, yang tiga di antaranya kemenangan. Ia uniknya mengakhiri musim sebagai pembalap Honda terbaik, menempati peringkat ketujuh pada klasemen pembalap.

Sumber: Marca

KOMENTAR