Alex Marquez: Saya ke MotoGP Berkat Usaha Sendiri

Anindhya Danartikanya | 19 Desember 2019, 15:22
Marc Marquez dan Alex Marquez (c) Marc VDS
Marc Marquez dan Alex Marquez (c) Marc VDS

Bola.net - Pebalap anyar Repsol Honda, Alex Marquez, mengaku dirinya sudah terbiasa dibanding-bandingkan dengan sang kakak, Marc Marquez, namun menegaskan bahwa naik ke MotoGP 2020 adalah kesempatan yang ia raih berdasarkan usahanya sendiri.

Alex mendadak diminta naik ke MotoGP bersama Repsol Honda usai Jorge Lorenzo mengumumkan keputusan pensiun akhir musim ini tepat di seri penutup yang digelar di Valencia, Spanyol, bulan lalu. Alex pun dipilih karena ia merupakan juara dunia Moto2 2019.

Tak hanya itu, Alex juga merupakan juara dunia Moto3 2014, dan meski butuh lima tahun untuk merebut gelar dunia di Moto2, ia selalu menjadi rider papan atas di kelas tersebut. Selain itu, ia juga masih berusia 23 tahun, hingga ini selaras dengan niatan Honda menjadi rider muda.

1 dari 2 halaman

Tak Boleh Pikir-Pikir Dulu

"Saat HRC (Honda Racing Corporation) tertarik pada Anda, Anda tak boleh pikir-pikir dulu dan Anda harus menerimanya. Saya telah terbiasa hidup dengan status 'adik Marc Marquez', tapi nyatanya saya menempuh jalan saya sendiri," ujar Alex via GQ seperti yang dikutip Corsedimoto.

Alex juga sadar betul bahwa menjadi pengganti Lorenzo, menjadi tandem kakaknya sendiri yang delapan kali juara dunia, apalagi membela tim paling prestisius dalam sejarah MotoGP menghadirkan beban besar, namun ia sama sekali tak cemas.

"Saya adalah Alex Marquez, jadi jika orang mau membandingkan saya dengan Marc, saya tak bisa menghindarinya dan saya juga tak cemas. Saat seorang rider dibandingkan Marc, kebanyakan mereka ada di bawahnya," ungkap rider berjuluk El Pistolas ini.

2 dari 2 halaman

Sulit Sampai Prestasi Marc Marquez

Alex juga menegaskan ia bukanlah kakaknya, yang meraih begitu banyak hasil gemilang di sepanjang kariernya. "Marc sudah meraih begitu banyak prestasi dalam usia 26 tahun, dan sangat sulit menyamainya. Yang bisa saya katakan hanyalah saya bangga jadi adiknya," pungkasnya.

Alex diperkirakan turun lintasan dalam uji coba pramusim (shakedown) MotoGP Sepang, Malaysia, 2-4 Februari, yang akan diikuti para test rider, debutan, dan pebalap dari pabrikan berkonsesi. Setelahnya ia akan kembali mengaspal dalam uji coba lanjutan pada 7-9 Februari.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR