Alex Marquez Resmi Jadi Tandem Fabio Diggia di Gresini Racing MotoGP pada 2023

Anindhya Danartikanya | 26 Juni 2022, 14:11
Fabio di Giannantonio dan Alex Marquez (c) Gresini Racing
Fabio di Giannantonio dan Alex Marquez (c) Gresini Racing

Bola.net - Gresini Racing akhirnya resmi mengumumkan kedatangan Alex Marquez ke skuad mereka di MotoGP 2023. Mereka juga sekaligus memastikan perpanjangan kontrak Fabio di Giannantonio. Hal ini disampaikan tim asal Faenza, Italia, tersebut, Minggu (26/6/2022), beberapa jam sebelum balapan Seri Belanda di Sirkuit Assen digelar.

Kedatangan Marquez ini sekaligus mengonfirmasi hengkangnya ia dari LCR Honda Castrol, yang sudah ia bela selama dua tahun belakangan. Sebelum membela LCR, adik Marc Marquez ini sempat membela Repsol Honda. Sebelum bergabung dengan Honda, 'El Pistolas' juga sempat dilirik oleh Ducati pada 2019.

Rider yang juga juara dunia Moto3 2014 dan Moto2 2019 ini akan menggantikan Enea Bastianini di Gresini Racing. Bastianini saat ini menjadi kandidat pembalap Ducati Lenovo Team. Namun, jika tim pabrikan Ducati itu akhirnya memilih Jorge Martin, maka Bastianini akan jadi pengganti Martin di Prima Pramac Racing.

1 dari 2 halaman

Fabio di Giannantonio Beri Gebrakan

Pembalap Gresini Racing, Fabio di Giannantonio (c) Gresini Racing

Pembalap Gresini Racing, Fabio di Giannantonio (c) Gresini Racing

Di lain sisi, Giannantonio juga dinilai layak dapat perpanjangan kontrak. 'Diggia' yang kerap tampil di papan bawah pada awal musim ini, secara mengejutkan menyabet pole di Seri Mugello, Italia, meski akhirnya finis ke-11. Progres positif ia lanjutkan di Seri Catalunya, Spanyol, di mana ia start kelima. Ia gagal finis karena kecelakaan, namun saat itu ia sedang bertarung di 10 besar.

Di Sachsenring, Jerman, rider Italia ini kembali start kelima. Ia sempat sengit melawan Jack Miller dan Maverick Vinales, sebelum akhirnya melorot dan bertarung dengan Luca Marini, Jorge Martin, dan Brad Binder demi memperebutkan posisi kelima. Sayang, ban kerasnya mengalami kenaikan suhu yang drastis, sehingga ia harus main aman dan finis kedelapan.

Baik Marquez maupun Giannantonio akan sekadar terikat kontrak dengan Gresini Racing, alih-alih langsung terikat dengan Ducati Corse seperti para pembalap Ducati Lenovo Team dan Prima Pramac Racing. Meski begitu, belum diketahui spek motor apa yang akan mereka terima. Berikut pernyataan resmi Marquez dan Giannantonio.

2 dari 2 halaman

Pernyataan Resmi Alex Marquez dan Fabio di Giannantonio

Pembalap LCR Honda Castrol, Alex Marquez (c) LCR Honda

Pembalap LCR Honda Castrol, Alex Marquez (c) LCR Honda

Alex Marquez:

"Saya sangat senang bisa mengumumkan bahwa saya akan bergabung dengan Team Gresini MotoGP, dan saya juga sangat senang bisa memulai petualangan baru ini. Krusial bagi saya untuk mencari perubahan demi mengembalikan tipe motivasi yang sama, yang saya punya ketika saya bergabung dengan kelas ini. Ini adalah opsi terbaik bagi saya, dengan tim yang telah membantu mengukir sejarah kejuaraan ini.

"Saya ingin berterima kasih kepada Nadia (Padovani, CEO), Carlo (Merlini, Direktur Pemasaran), dan seluruh staf GR karena sudah menaruh kepercayaan kepada saya. Saya masih punya setengah musim tersisa untuk berusaha sebaik mungkin sebelum memulai 2023 dengan motivasi tinggi."

Fabio di Giannantonio:

"Saya sangat senang bisa memperpanjang kerja sama dengan tim ini, yang sudah seperti keluarga bagi saya. Rasanya menyenangkan, karena kami akan meneruskan proses belajar ini, dan kami akan melakukannya kembali dengan Ducati. Ini bikin saya sangat senang. Kelanjutan adalah kunci di MotoGP demi bekerja sebaik mungkin.

"Kami telah mengusahakan kontrak ini dalam beberapa waktu, dan kini akhirnya kami bisa mengumumkannya. Sudah jelas target kami bakal lebih tinggi: kami akan memakai paruh kedua musim ini untuk memperbaiki hasil dan tahun depan saya ingin benar-benar mengalami kemajuan."

Sumber: Gresini Racing

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR