BERITA TIMNAS JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Alex Marquez: Marc Marquez Sedih Belum Pulih, Tapi Tidak Panik

03-06-2021 09:45 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) Honda Racing Corporation
Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) Honda Racing Corporation

Bola.net - Pembalap LCR Honda Castrol, Alex Marquez, merupakan salah satu dari sedikit orang yang paham dan menyaksikan sendiri progres pemulihan cedera Marc Marquez. Alex pun mengakui bahwa proses ini sangatlah berat bagi sang kakak, namun ia menyebut rider Repsol Honda itu sama sekali tak panik. Hal ini ia nyatakan via MotosanGP.

Seperti yang diketahui, Marc saat ini belum pulih juga dari komplikasi cedera patah tulang humerus kanannya. Usai absen setahun untuk fokus pada pemulihan, ia akhirnya kembali balapan di MotoGP sejak Seri Portimao. Makin ke sini, tim dokter mengonfirmasi bahwa tulang humerusnya terus membaik dan mengalami konsolidasi yang solid.

Sayangnya, proses pemulihan ini ternyata berimbas pada area bahu kanan Marc yang sempat dislokasi parsial pada 2019 dan dioperasi pada akhir tahun yang sama. Alhasil, usaha delapan kali juara dunia itu untuk sembuh juga makin terjal. Alex pun mengonfirmasi kakaknya itu sangat sedih, namun uniknya juga tak pernah patah arang.

1 dari 3 halaman

Mental Tetap Tangguh, Tinggal Fisik Saja Dipulihkan

Pembalap LCR Honda Castrol, Alex Marquez (c) LCR Honda
Pembalap LCR Honda Castrol, Alex Marquez (c) LCR Honda

Alex yang juga juara dunia Moto3 2014 dan Moto2 2019 ini meyakini, tak ada perubahan mentalitas dari sang kakak. Menurutnya, rider 28 tahun itu masih sangat berhasrat balapan dan meraih hasil baik. Kini satu-satunya tugas Marc adalah mengembalikan kebugaran fisiknya, agar bisa kembali menjinakkan motor RC213V miliknya.

"Marc hanya kehilangan bagian dari kebugaran fisiknya. Ia masih belum nyaman, dan hal ini menghalanginya untuk tampil 100%. Ia sangat menderita, dan Honda adalah motor yang sangat menuntut fisik. Saat Anda tak bisa tampil sengotot mungkin, tentu masalah muncul dan semua jadi lebih sulit," tutur Alex, Senin (31/5/2021).

"Namun, saya yakin kita akan kembali lihat aksi-aksi 'save' dari Marc. Kita akan melihatnya kembali melakukan apa pun yang ia mau sekalinya pulih. Tak ada gunanya panik. Ia hanya harus mengatasi masalah fisiknya dan kembali ke dirinya yang dulu. Bagi Honda, kehadiran Marc juga jadi bantuan besar, meski ia belum 100% pulih," lanjutnya.

2 dari 3 halaman

Bertekad Bangkit di MotoGP Catalunya

Dalam wawancara yang sama, Alex juga mengomentari performanya sendiri dalam enam seri pertama musim ini. Beda dari musim lalu di mana performanya terus membaik, kali ini rider 25 tahun tersebut harus jatuh bangun. Sejauh ini, ia tiga kali gagal finis, namun setiap finis, ia selalu bertarung di posisi 10 besar.

Saat ini, ia tengah duduk di peringkat 14 pada klasemen pembalap dengan koleksi 20 poin. Ia pun mengakui kondisinya saat ini tak sebaik yang ia dambakan, namun rider berjuluk El Pistolas ini sangat berharap bisa mendapatkan titik balik dalam seri kandangnya, yakni MotoGP Catalunya, Spanyol, pada 4-6 Juni nanti.

"Saya tak pada momen terbaik demi mengeluarkan potensi motor. Saya harap bisa kembali jadi Alex tahun lalu. Saat ini saya tak punya rasa percaya diri yang dibutuhkan rider di atas motor. Saya ingin berkendara dengan cara yang saya mau. Kini kami pergi ke Montmelo, tempat yang baik untuk meraih hasil baik pula. Target saya adalah masuk 10 besar," tutupnya.

Sumber: MotosanGP

3 dari 3 halaman

Video: Gaya Nyeleneh Valentino Rossi di MotoGP

KOMENTAR