BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

'Alex Marquez dan Luca Marini Tak Perlu Terbebani Status Bintang Para Kakak'

23-12-2020 17:45 | Anindhya Danartikanya

Alex Marquez dan Luca Marini (c) AP Photo
Alex Marquez dan Luca Marini (c) AP Photo

Bola.net - Manajer Tim LCR Honda, Lucio Cecchinello, yakin rider barunya, Alex Marquez, serta rider anyar Esponsorama Racing, Luca Marini, tak perlu terbebani status bintang kakak-kakak mereka di MotoGP, yakni Marc Marquez dan Valentino Rossi. Lewat GPOne, Rabu (23/12/2020), Cecchinello mengaku yakin harusnya hal ini jadi motivasi.

Tahun ini, Alex naik ke MotoGP bersama Repsol Honda, menjadi tandem sang kakak. Namun, belum juga musim dimulai, ia terdepak dari tim pabrikan pada 2021 demi memberi jalan kepada Pol Espargaro. Juara dunia Moto3 2014 dan Moto2 2019 ini dipindahkan ke LCR Honda, menggantikan posisi Cal Crutchlow.

Cecchinello pun dapat kesan baik dari Alex saat ia bekerja dengan kru rider LCR lainnya, Takaaki Nakagami, di uji coba pascamusim Valencia 2019. "Kami masih belum terlalu mengenalnya. Tapi Alex anak baik, sangat sopan, sangat fokus pada hal-hal yang harus ia lakukan. Ia sudah banyak berkorban," ungkap pria asal Italia ini.

1 dari 3 halaman

Minta Alex Marquez Ulang Podium

Alex Marquez (c) HRC
Alex Marquez (c) HRC

Melihat Alex sukses dua kali naik podium tahun ini, asa Cecchinello pun melambung. "Yang saya harapkan dari Alex adalah podium. Tahun ini ia mampu melakukannya. Jika kami tak bisa melakukannya tahun depan, maka itu akan jadi hasil negatif. Tapi kami akan melakukan segalanya demi mewujudkan target ini," tuturnya.

Namun, tentu Cecchinello telah mengamati kiprah Alex secara keseluruhan musim ini. Masih berstatus debutan, El Pistolas tentu masih punya banyak ruang untuk berkembang dan belajar. Cecchinello pun berharap ia bisa menggali pengalaman lebih banyak, karena ia yakin Alex punya potensi yang cukup besar di MotoGP.

"Alex masih muda, ia masih harus berkembang dan menggali pengalaman. Saat ini, Alex hanya kurang konsisten tampil kompetitif. Ia memang kompetitif tahun ini, namun hanya pada paruh kedua musim. Tapi ada kalanya ia terjatuh. Jika mampu menemukan ritme yang tepat, ia bisa melakukan hal-hal hebat," ungkapnya.

2 dari 3 halaman

Prestasi Kakak Harusnya Jadi Lecutan Motivasi

Luca Marini dan Alex Marquez saat masih di Moto2 2019. (c) AP Photo
Luca Marini dan Alex Marquez saat masih di Moto2 2019. (c) AP Photo

Akankah status bintang Marc sebagai delapan kali juara dunia menjadi beban tersendiri bagi Alex? Cecchinello pun mengaku ragu. Menurutnya, Alex, seperti Marini yang akan menjalani debut MotoGP tahun depan, harusnya justru memanfaatkan status bintang kakak-kakak mereka sebagai lecutan untuk tampil kompetitif di kelas para raja.

"Ini tergantung mentalitas, pendekatan, dan karakter. Bisa saja ini jadi masalah. Tapi dalam kasus Alex, atau Luca, saya rasa takkan jadi kendala. Bagi Alex dan Luca, seharusnya ini jadi motivasi tampil baik, mengerahkan segalanya, manfaatkan semua kesempatan. Saya rasa sikap ini justru bakal membuat mereka sukses," tutupnya.

Setelah kerap bertarung sengit di Moto2 pada 2019, Alex dan Marini yang uniknya tak punya rivalitas pahit seperti yang terjadi di antara kedua kakak mereka, akan kembali berjumpa di lintasan yang sama dalam uji coba pramusim MotoGP yang rencananya digelar pada Februari di Sepang, Malaysia.

Sumber: GPOne

3 dari 3 halaman

Video: Dimas Ekky Ingin Mandalika Racing Team Jadi Batu Loncatan Rider Indonesia

KOMENTAR